Beberapa Penyakit yang Dapat Diatasi Tanpa Konsumsi Obat

Senin, 29 Februari 2016 17:07

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Mengonsumsi obat saat terserang penyakit sebaiknya dikurangi bahkan dihindari saja. Apalagi selagi masih ada cara atau bahan alami yang dapat dilakukan dan didapatkan. Karena bahan-bahan yang ada diobat belum tentu diterima baik oleh tubuh, bahkan bisa saja menjadi penyakit lain yang akan timbul.

Medis pun mengatakan, jika terlalu banyak kita mengonsumsi obat-obat yang berbahan kimia tidaklah bagus buat tubuh. Karena selain tidak baik untuk kesehatan tubuh, juga memberikan kecendrungan ketergantungan pada obat tersebut.

“Kalau masih sakit ringan, sebaiknya jangan dibiasakan untuk konsumsi obat-obatan, karena kalau terlalu sering mengonsusmi bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam obat, selain tidak baik buat kesehatan, juga nantinya akan timbul efek ketergantungan,” ungkap Meli selaku tenaga medis di klinik Daffa Pratama kepada kru Bertuahpos.com, Senin (29/2/2016).

Terkadang, tidak sedikit orang yang terserang penyakit, sedikit-sedikit langsung mengonsumsi obat. Memang bertujuan agar tidak semakin parah sakitnya, namun jika masih tahan untuk tidak mengonsumsi obat, sebaiknya dihindari.

Baca: Bahaya Mengemudi Dengan Sendal Jepit

“Kebanyak orang, sedikit-sedikit sakit langsung minum obat, memang difikir akan mencegah parahnya sakit yang dirasakan, namun sebaiknya, kalau masih bisa ditahan-ditahan saja. Lebih baik mengatasinya dengan bahan dan cara yang alami,” tambahnya.

Meli menjelaskan beberapa penyakit yang kerap terjadi dan dialami seseorang dalam sehari-hari yang dapat mengatasinya dengan cara dan bahan alami, tanpa sedikitpun menyentuh obat yang mengandung bahan kimia. Yaitu sebagai berikut,

Pertama, flu. Flu penyakit yang dapat terjadi kapan saja. Banyak hal juga yang menyebabkan flu menyerang. Diantaranya lemahnya daya tahan tubuh, kurang istirahat yang cukup, masuknya virus-virus ke dalam tubuh. Banyak cara dan bahan alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi flu tanpa mengonsumsi obat-obatan.

Kedua, sakit kepala. Penyakit ini juga sering sekali terjadi. Dan jika telah terserang sakit kepala, banyak orang yang langsung mencari obat sakit kepala. Penyebab yang beragam, seperti banyaknya fikiran, stres, kelelahan saat bekerja, dan masih banyak lainnya lagi. Dan penyakit ini juga dapat diatasi dengan berbagai cara yang alami, tanpa mengonsumsi obat mengandung bahan kimia.

Ketiga, penyakit insomnia. Penyakit susah tidur dimalam hari. Sering terjadi pada sebagian orang yang sedang mengalami beban fikiran yang berlebihan. Biasanya yang mengalami insomnia akan mengonsumsi obat tidur. Namun ada cara alami untuk mengatasi insomnia tanpa harus mengonsumsi obat.  

Keempat, Haid. Yang terjadi pada wanita setiap bulannya. Biasanya menyebabkan nyeri dibagian perut. Dan tidak sedikit pula yang tahan dengan sakitnya, dan langsung mengonsumsi obat pereda nyeri saat haid. Sebaiknya itu tidak dilakukan terlalu sering. Banyak cara dan bahan alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri tersebut.

Itulah beberapa penyakit yang sering terjadi disela-sela aktifitas sehari-hari. Masih ada beberapa penyakit lainnya lagi yang dapat dihindari dan mengatasinya secara alami tanpa mengonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia.

Penulis: Dilla