Bahaya Mengemudi Dengan Sendal Jepit

Kamis, 09 April 2015 08:53

BERTUAHPOS.COM-Untuk tampil lebih santai dan nyaman banyak orang memilih sendal jepit sebagai alas kaki, tapi hal ini bukanlah ide yang baik apabila sendal jepit di gunakaan saat mengemudi, mau tau apa alasannya?

Sebuah studi menjawab pertanyaan tersebut, dilansir dari Carapedia.com, sandal jepit justru memicu kasus pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan sebanyak 1,4 kasus di jalan raya setiap tahunnya. Menurut studi ini, satu dari sembilan pengemudi pernah merasakan sandal menyangkut pada pedal saat mengemudi.

Sandal jepit lebih berbahaya daripada menggunakan sepatu hak tinggi saat mengemudi, tes dilakukan menggunakan alat simulator, dan dari sini terungkap pengemudi bersandal jepit mengalami penurunan kecepatan mengerem rata-rata 0,13 detik.

Melalui alat simulator ini juga terlihat bahwa pengemudi atau responden mengemudi selama 3,5 menit dengan kecepatan 96 km per jam. Saat memindah kaki dari gas ke rem rata-rata menggunakan 0,04 detik untuk pengemudi bersandal. Sementara pengemudi bersepatu hak tinggi tercatat memerlukan waktu 0,02 detik.

Baca: Percaya Tak Percaya, Tinggal di Lingkungan Hijau Pengaruhi Otak Anak

para rem pengemudi bersandal gaya tekannya 10,05 meter persegi per detik, dan pengemudi pemakai wedges mencapai 10,20 meter persegi per detik.

Survei ini dilakukan terhadap 1.055 pengemudi di Inggris dan ditemukan fakta bahwa sepertiga dari mereka ternyata bersandal jepit saat mengemudi. Sebanyak 27 persen responden juga mengaku bahwa sandal jepit membuat pengemudi merasa tidak nyaman, dan 7 persen lainnya menyalahkan sandal jepit saat kecelakaan.

Sebanyak 60 persen responden juga menjawab tidak menggunakan alas kaki yang cocok, dan 20 persen responden menggunakan sandal cepit meskipun tahu hal ini berbahaya.

Banyak pengemudi tidak menyadari bahwa pemilihan alas kaki yang salah saat mengemudi bisa menyebabkan bahaya. Menurut mereka, bisa mengemudi dengan baik namun alas kaki belum tentu membuat mereka nyaman berkendara (Carapedia.com).