Anda Bisa Kantongi Rp 2,8 Miliar Saat Usia Pensiun, Ini Caranya

Selasa, 18 Maret 2014 07:24

BERTUAHPOS.COM, JAKARTA – Ingin memulai perencanaan keuangan? Merasa belum punya uang untuk mulai investasi? Little thing that matters. Banyak hal sederhana yang apabila dilakukan, akan berdampak besar pada keuangan Anda.

Keputusan untuk berhenti merokok tidak hanya menyehatkan tubuh Anda, tetapi juga akan menyehatkan keuangan Anda. Anda pun menyadari bahwa dengan berhenti merorok, Anda akan memiliki tambahan arus kas sebesar Rp 20.000/hari alias Rp 600.000/bulan!

Cara termudah memang mengurangi pengeluaran. Namun, seperti saya katakan sebelumnya, penghematan harus dimulai dari area yang paling tidak berdampak kepada emosional dan kehidupan Anda.

Dan yang penting juga, penghematan haruslah signifikan. Berikut pemaparan Perencana Keuangan dari ZAP Finance Prita Hapsari Ghozie seperti dikutip detikFinance dari situs resminya.

Baca: Pembukaan IMAKIPSI, 43 Universitas se Indonesia Hadir di UIR

Daftar 10 Janji Hemat:

1. Berhenti merokok Rp. 600.000

2. _____________________________ Rp.______________

3. _____________________________ Rp.__________________

4. _____________________________ Rp.__________________

5. _____________________________ Rp.__________________

Jumlah penghematan per bulan Rp. _________________

Jumlah penghematan per tahun Rp. _________________

Setelah Anda menuliskan janji-janji Anda di kolom kiri, maka setiap akhir bulan, isilah kolom kanan dengan penghematan yang berhasil diperoleh sebagai hadiah atas terlaksananya janji-janji Anda.

Mulai bisa membayangkan apa yang dapat Anda peroleh dengan melakukan 5 janji yang lain itu? Saya harap latihan ini dapat benar-benar meningkatkan sisa arus kas Anda setiap tahun, yang jadi sumber dana utama untuk berinvestasi.

Investasi memang salah satu elemen penting dalam proses merencanakan keuangan. Dengan Rp 600.000, Anda saya pastikan dapat membuat perubahan besar dalam kondisi finansial keluarga. Apabila diinvestasikan ke reksa dana saham misalnya, dengan asumsi return 20% per tahun, maka secara matematis Anda akan memiliki saldo dana pensiun sebesar Rp 2,8 miliar (dtc)