Akun Twitter Bill Gates, Barack Obama Hingga Orang Terkaya Jeff Bezos Diretas

Kamis, 16 Juli 2020 15:59
Akun Twitter Bill Gates, Barack Obama Hingga Orang Terkaya Jeff Bezos Diretas

BERTUAHPOS.COM — Masalah peretasan akun sosial media kini harus menjadi perhatian khusus. ‘Ada banyak maksud’ di balik peretasan akun sosial media ini. Bahkan akun Twitter Bill Gates, Barack Obama, Elon Musk hinhga orang terkaya Jeff Bezos juga pernah diretas.

Kondisi ini, sangat mungkin bisa terjadi terhadap orang-orang penting di Indonesia. Beberapa waktu belakangan, cuap-cuap para artis di Indonesia yang mengeluhkan kalau akun sosial media mereka diretas.

Peneliti Keamanan Siber Communication Information System Security Research Center (CISSReC) Pratama Persadha mengungkapkan, apa yang terjadi terhadap orang-orang ini merupakan hal yang sangat berbahaya. Peretasan ini juga bisa disebut sebagai ‘zero day exploit’ bagi Twitter, karena celah keamanan yang dimanfaatkan oleh peretas berdampak masif.

Seperti dikutip dari Katadata, Pratama mengungkapkan, celah peretasan itu bisa dilakukan melalui aplikasi pihak ketiga. Atau bisa juga dari yang lainnya. “Artinya, bila celah keamanan ini disebarluaskan, korbannya bisa bertambah. Indonesia juga bisa terkena dampaknya,” ujar Pratama.

Baca: Menang 3-2 Lawan Milan, Inter Rebut Posisi 3 Klasemen Liga Italia

Atas dasar ini lah, diimbau para tokoh dan selebritas di Indonesia diminta untuk meningkatkan kewaspadaan mereka terhadap masalah ini. Soal peretasan akun sosial media tidak bisa dianggap hal sepele. Apalagi terhadap akun Sosmed orang penting, dan punya kebijakan. Akun sosial media mereka bisa dimanfaatkan untuk merugikan orang lain. (bpc3)

Berita Terkini

Senin, 03 Agustus 2020 16:44

Microsoft Diminta Akuisisi TikTok, Begitu Usulan Trump

#TIKTOK, #MICROSOFT, #TRUMP

Senin, 03 Agustus 2020 15:55

Amitabh Bachchan Sebuh dari Corona

#BOLLYWOOD #COVID-19

Senin, 03 Agustus 2020 14:35

Soal ‘Piramid Dibangun Alien’, Pemerintah Mesir Bereaksi

#ELONMUSK #PIRAMID #ALIEN

Senin, 03 Agustus 2020 13:22

Rocky Gerung, Din Syamsuddin dkk Deklarasi KAMI, Ruhut Sitompul: Deklarasi Nih Ye…

#DINSYAMSUDDIN #RUHUTSITOMPUL

Senin, 03 Agustus 2020 12:47

MotoGP: Rossi Mantab Gabung ke Petronas

#VALENTINOROSSI #MOTOGP