Agar Nyaman Beraktivitas Lagi Usai Liburan

Senin, 06 Januari 2014 13:49

BERTUAHPOS.COM, Waktu liburan telah usai, saatnya kembali ke rutinitas pekerjaan. Namun terkadang rasa malas datang untuk kembali lagi menyelesaikan tugas-tugas di kantor. Dikutip Wikihow, Senin (6/1/2013) ada cara mudah kembali ke pekerjaan setelah beberapa hari santai menikmati masa liburan. Begini caranya :

1. Perencanaan yang Baik

Advertisement

Mulailah lagi terlibat dalam perencanaan yang baik. Rencana dan niat kembali bekerja menjadi faktor sukses untuk kembali ke rutinitas pekerjaan. Pikirkan tujuan yang akan dicapai sehingga semangat bekerja kembali datang.

2. Komunikasi

Baca: Dapat “Gratisan” dari Arsenal, Juventus Mau Jual Aaron Ramsey

Hubungi rekan kerja yang tidak mengambil cuti di musim liburan. Tanyakan perkembangan yang terjadi dalam pekerjaan saat ditinggal liburan.

3. Pikirkan Prioritas

Rasa malas memang terkadang mengampiri saat ingin kembali bekerja. Namun pikirkan prioritas yang akan dicapai dengan bekerja. Perbaharui kembali tujuan yang akan dicapai, misalkan tuliskan keinginan dan harapan yang diinginkan dari hasil bekerja.

4. Terima Tantangan Baru

Untuk mengatasi kejenuhan dalam pekerjaan, di tahun yang baru ini cobalah untuk menerima tantangan baru. Sehingga semangat lagi untuk kembali bekerja. Terlibat di tantangan baru dalam pekerjaan dapat membuat semakin terlatih dan belajar dengan sesuatu yang baru.

5. Periksa Pesan Elektronik

Terkadang saat cuti jarang sekali orang yang masih menerima pesan elektronik seperti email terkait pekerjaan. Mulailah untuk memeriksa semua pesan yang belum dibuka, salah satu pesan tersebut mungkin penting untuk pekerjaan Anda.

6. Berbagi Cerita

Luangkan waktu juga untuk berbagi cerita masa liburan, dengan berbagi akan memulai membuka perbincangan dengan rekan kerja. Suasana di kantor pun kembali hangat dan mendorong untuk lebih semangat dalam bekerja.

7. Mulai dengan Bertahap

Batasi pekerjaan di hari pertama, jangan membuat Anda stres. Mulailah pekerjaan dengan bertahap, perlahan namun pasti. Terapkan prinsip santai namun tetap serius sehingga hari pertama tidak menjadi beban.

8. Ingat Gaya Hidup Sehat

Rutinitas bekerja dimulai bukan berarti melupakan jadwal tidur, kebiasaan tidur saat liburan di malam hari bisa dilanjutkan. Harus ada keseimbangan antara pekerjaan dan keseharan. Tidur yang cukup akan membuat hari Anda menyenangkan tanpa wajah lelah dan mata panda.

Selain tidur yang terpenting jangan lewatkan jam makan. Ketika sudah waktunya makan maka mulailah untuk mengonsumsi makanan sehat yang tidak terlalu berminyak dan berlemak. Membawa bekal dari rumah mungkin akan membantu untuk hidup sehat. Konsumsi buah dan sayuran serta air putih perlu dijadikan kebiasaan.

(Mia/Abd/liputan6.com)
Â