6 Tips Hemat Namun Tetap Sehat ala Anak Kos!

Senin, 14 September 2020 08:07
6 Tips Hemat Namun Tetap Sehat ala Anak Kos!
Foto: (Net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Tidak semua orang bisa tinggal dirumah bersama orangtua karena berbagai alasan salah satunya untuk menuntut ilmu ke tempat atau daerah lain yang mengharuskan seseorang untuk tinggal sementara di kos-kosan.

Menjadi anak kos tidaklah mudah, kita dituntut untuk bisa belajar mandiri serta bisa mengatur dan mengontrol semua hal, salah satunya masalah keuangan.

Advertisement

Terkadang karena terlalu ingin berhemat kita sampai tidak memikirkan kondisi kesehatan diri sendiri padahal menjaga kesehatan merupakan hal yang sangat penting. Supaya kamu tetap sehat meskipun sedang berhemat saat ngekos, yuk simak tips-tips berikut ini yang bisa kamu terapkan saat menjadi anak kos!

1. Masak sendiri

Baca: Tes IVA, Selamatkan Wanita dari Keganasan Kanker

Dengan cara kamu memasak sendiri di kos, kamu bisa menjamin kesehatan dan kehigienisan makanan yang kamu masak. Makanan yang dimasak sendiri juga pastinya tidak sembarangan dan lebih jelas bahan-bahan yang digunakan. Kamu juga bisa berkreasi dengan berbagai menu masakan namun tetap dengan bahan yang memiliki harga terjangkau.

2.Jangan sering begadang

Saat menjadi anak kos, terkadang pola tidur menjadi berantakan. Kamu menjadi tidak teratur dalam pembagian waktu untuk tidur. Maka usahakan untuk bisa tidur lebih cepat dan jangan begadang, karena saat begadang biasanya perut menjadi lapar saat tengah malam, jika kamu tidak kuat menahan lapar, maka stok makanan yang seharusnya bisa dimakan besok bisa jadi langsung kamu habiskan dalam satu malam.

3.Ganti makanan ringan dengan buah-buahan

Makanan ringan tidak terlalu baik untuk tubuh dan juga bisa dibilang boros jika terus membelinya. Maka kamu bisa coba menggantinya dengan buah-buahan yang berharga murah seperti papaya dan pisang, karena meskpun harganya murah namun sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

4. Perbanyak minum air putih

Banyak minum air putih dapat membuat tubuhmu tetap sehat dan terhindar dari dehidrasi, dan tetap membuat tubuhmu berenergi ditengah jadwal yang padat. Jadi, mulai sekarang pastikan kamu banyak mengonsumsi air putih.

Untuk menghemat biaya, beli air dalam bentuk galon karena itu lebih hemat dibandingkan air putih dalam kemasan, dan jangan lupa untuk terus membawa minum dari kos sebelum bepergian dan beraktivitas keluar, karena selain menyehatkan, hal itu juga membantu kamu dalam proses penghematan.

6. Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan

Ingat, meskipun kamu sedang berhemat tetapi jangan sampai lupa pada dirimu sendiri. Saat kamu merasa bosan dan butuh hiburan, lakukanlah hal-hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan dan membuatmu merasa terhibur. Misalnya, menonton biskop, karaoke, atau bahkan sekedar berjalan-jalan keliling taman di sore hari. Karena kamu tak hanya menjaga kesehatan tubuh, kamu juga harus menjaga kesehatan mentalmu.

Nah, sekarang setelah tahu semua tip-tips tersebut, kamu yang ingin hemat namun tetap sehat bisa mencobanya loh! (mg3)