Warga Keluhkan Mahalnya Biaya Pengobatan Eka Hospital

Rabu, 18 Juni 2014 13:06

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Mahalnya biaya pengobatan  Rumah Sakit Eka Hospital masih banyak dikeluhkan pasien karena merasa terpaksa harus membayar biaya yang besar. Warga yang pernah berobat pun menjadi enggan untuk kembali dan merekomendasikan rumah sakit milik grup sinar mas ini.

“Kalau menurut saya rumah sakit Eka Hopital masih mahal, karena waktu itu saya dirawat disana bayarnya Rp 6 jutaan, padahal saya disana cuma tiga hari dua malam, itu pun saya cepat – cepat keluarnya. Sorenya saya langsung pulang agar tidak lebih mahal, ya orang tua terkejutlah bayar segitu,” ujar Ha (20) salah satu mahasiswa di Universitas Negeri Pekanbaru kepada bertuahpos.com, Rabu (18/06/2014).

Dikatakannya, karena sudah melakukan pemeriksaan atau pengobatan, mau tidak mau pihaknya harus melakukan pembayaran. “Karena kita sudah disana, kalau seperti itu gimana kalau masyarakat menengah kebawah yang berobat kesana, sebagai rumah sakit seharusnya lebih meringankan orang sakit, ya walaupun itu rumah sakit swasta. Kasihan masyarakat bawah,” harapnya.

Ha menjelaskan, selain dirinya temannya juga mengalami hal yang sama. Ketika itu rekannya mengalami retak pada tulang punggungnya sehingga harus dirawat satu minggu. Ternyata selama satu minggu temannya harus membayar Rp100 juta. “Bayangkan coba seminggu harus keluarkan dana Rp 100 juta, untung aja kawan itu anak toke sawit. Dan mereka (rumah sakit) tentu sudah tahu melalui administrasi. Coba kalau menengah kebawah,” tukasnya.

Baca: Ini Tuntunan Salat Gerhana dari Majelis Tarjih Muhammadiyah

Terpisah, Agus (25) warga Panam juga mengatakan hal yang sama terkait mahalnya biaya pengobatan dirumah sakit Eka Hospital. “Kalau dibilang murah salah besar, waktu saya berobat kesana juga harus membayar jutaan, padahal saya waktu itu sakitnya cuma gejala malaria dan dirawat selama dua hari,” kesalnya 

Ditambahkan Agus proses berobat disana juga harus menyelesaikan administrasi dulu, baru dilayani. Menurutnya, hal tersebut dapat dimaklumi tetapi seharusnya juga pihak rumah sakit mengutamakan pasien yang sakit.  “Kalau dibilang pelayan lebih baik menurut saya tidak jugalah biasa aja,dirumah sakit swasta yang lain juga seperti itu tetapi bayarnya tidak semahal di Eka Hospital,”tukasnya.

Ia pun tidak berani merekomendasikan keluarganya untuk berobat ditempat yang sama. “Berobat cari rumah sakit swasta yang lain, yang fasilitas sama tetapi bayarnya bisa lebih ringan. Kemudian yang saya kesalkan tempat parkirannya yang seperti di Mal – Mal pulak, sebaiknya parkirannya digratisin aja kenapa,” ketusnya.

Sementara itu, seperti dlansir sebelumnya, Humas Rumah Sakit Eka Hospita Dian Sukma Lestari mengatakan biaya yang ditawarkan Eka Hospital tergolong kompetitif dibandingkan rumah sakit lainnya.

“Kalau sekarang standarnya sudah bertaraf Internasional, dan justru kita ada penyesuain tarif seperti yang telah kita iklankan. Justru tarif kita malah kompetitif dibandingkan dengan rumah sakit lainya yang memiliki rate (harga) yang sama,” ujar humas dan PR Eka Hospital Dian Sukma Lestari kepada BertuahPos.com.(yogi)