Prof Ilyas: Sekolah Swasta Terapkan Program Silang

Kamis, 12 Juni 2014 13:27

BERTUAHPOS.COM,PEKANBARU – Mahalnya sekolah swasta termasuk sekolah Islam Terpadu (IT) saat ini juga menjadi perhatian para tokoh masyarakat. Di sisi lain, persoalan ini menjadi masalah yang ironis di tengah masyarakat, sebab para orang tua menginginkan pendidikan yang layak namun terbentur dengan masalah biaya.

Menurut Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pekanbaru, seyogyanya sekolah Islam terpadu tidak hanya untuk kalangan tertentu, tetapi harus untuk semua kalangan. “Saya sarankan sekolah IT buat program silang, maksudnya anak- anak berprestasi dan anak miskin yang bersekolah di sekolah Islam terpadu diringankan spp nya atau di bedakan sppnya dari anak- anak mampu,” Ujar Ketua MUI Pekanbaru Prof Dr Ilyas Husti kepadabertuahpos.com.

Melalui sistem atau program silang ini, maka yang kurang mampu atau miskin tetapi berprestasi tetap mendapatkan layanan pendidikan yang memadai. Sementara yang mampu dapat membantu siswa atau warga miskin berprestasi tetapi memiliki kantong yang tipis.

Sehingga dengan adanya program silang dapat menghilangkan kesan bahwa sekolah Islam Terpadu hanya untuk anak- anak orang kaya saja,”tambahnya.(Yogi)

Baca: Mengapa Kerajaan Melayu di Riau-Kepri Mudah Ditaklukkan Bangsa Barat