Sya’ban, Bulan yang “Terlupakan”

Rabu, 08 April 2020 10:07

BERTUAHPOS.COM – Diantara 12 bulan dalam penanggalan Islam, Sya’ban merupakan bulan kedelapan. Rasulullah SAW mengatakan bahwa bulan ini sering “terlupakan” karena letaknya antara Rajab dan Ramadhan.

Sabda Nabi Muhammad SAW, “Bulan itu sering dilupakan orang karena letaknya antara Rajab dan Ramadhan, sedangkan pada bulan itulah diangkat amalan-amalan kepada Tuhan Rabbul ‘Alamin. Maka, saya ingin amalan saya dibawa naik selagi saya dalam keadaan berpuasa.”

Sejarah mencatat, banyak peristiwa besar terjadi pada bulan Sya’ban. Misalnya, perpindahan arah kiblat dari Masjid al-Aqsha menuju Ka’bah (QS al-Baqarah: 144).

Selain itu, turunnya ayat Alquran yang menganjurkan untuk membaca shalawat (QS al-Ahzab: 56). Rasulullah SAW juga menerangkan, diangkatnya catatan amal manusia juga terjadi tiap bulan Sya’ban.

Baca: Jadwal Imsak Hari Ini, 19 Mei 2020 untuk Wilayah Pekanbaru dan Sekitarnya

Hal itu disampaikan dalam hadits riwayat Abu Dawud dan Nasa’i. Suatu kali, Usamah bertanya kepada Nabi SAW, “Wahai Rasulullah, kelihatannya tak satu bulan pun yang lebih banyak engkau puasakan daripada bulan Sya’ban?”

Rasulullah SAW menjawab, “Bulan itu sering dilupakan orang karena letaknya antara Rajab dan Ramadhan, sedangkan pada bulan itulah diangkat amalan-amalan kepada Tuhan Rabbul ‘Alamin. Maka, saya ingin amalan saya dibawa naik selagi saya dalam keadaan berpuasa.”

Di bulan ini, banyak kaum Muslimin mengikuti salah satu teladan Rasul SAW, yakni puasa sunnah. Selain itu, ada pula suatu tradisi yang sudah begitu membudaya di Tanah Air. Yakni, peringatan malam Nisfu Sya’ban pada malam 15 Sya’ban. Dalam penanggalan sekarang, malam itu terjadi pada 8-9 April 2020. (bpc3)