Masih Menanti Kebijakan Saudi Soal Pelaksanaan Umrah

Kamis, 22 Oktober 2020 14:15
Masih Menanti Kebijakan Saudi Soal Pelaksanaan Umrah

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Indonesia masih menunggu kebijakan Pemerintah Arab Saudi terkait pelaksanaan umrah di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Sebelumnya, Kerajaan Arab Saudi telah membuka kembali pelaksanaan ibadah umrah secara bertahap. Pada tahap pertama ibadah umrah dilakukan terbatas hanya bagi masyarakat Arab Saudi.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, Kementerian Agama Arfi Hatim mengatakan, hingga saat ini belum ada informasi resmi yang dikeluarkan Saudi terhadap kebijakan umrah untuk Indonesia. “Belum ada info resmi dari Arab Saudi, nanti pihak Arab Saudi yang menentukan kuota,” ujarnya seperti dilansir dari Kontan.co.id, Kamis, 22 Oktober 2020.

Dia menambahkan, saat ini Indonesia tengah menyiapkan protokol kesehatan dalam proses keberangkatan jemaah Umrah di tengah pandemi corona. Hal itu disiapkan bersamaan dengan menunggu kepastian pemberangkatan. “Protokol pemberangkatan masih dalam pembahasan,” terang Arfi.

Sebelumnya Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Oman Fathurahman telah melakukan rapat koordinasi. Rapat tersebut bertujuan untuk memetakan prioritas program ke depan.

Baca: Jadwal Imsak 21 Mei 2020 Mei untuk Pekanbaru dan Sekitarnya

BACA JUGA:  Saudi Buka Izin Perjalanan Umrah Awal Oktober Ini

Salah satunya berkaitan dengan kemungkinan dibukanya pelaksanaan ibadah haji dan umrah tahun 2021 mendatang. “Harus sudah dipersiapkan dengan serius mulai dari sekarang,” jelas Oman. (bpc2)