Ini 5 Faedah Pergi ke Masjid, Bersegeralah…

Sabtu, 05 September 2020 18:19
Ini 5 Faedah Pergi ke Masjid, Bersegeralah…

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Banyak orang setiap lima waktu menunaikan ibadah shalat di masjid. Namun tidak banyak yang tahu bahwa ada faedah lain selain hanya menunaikan ibadah rutinitas di mesjid. Allah telah memuliatan rumah ibadah umat Islam ini dari banyak hal. Bahkan ada banyak faedah bersegera pergi ke masjid.

Syaikh Abdullah bin Shalih al Fauzan membahas seluk beluk masjid, baik hukum, maupun adab yang berkaitan dengan masjid. Dalam buku Ahkamu Hudhuri al Masajid (Fikih Seputar Masjid, Pustaka Imam Syafii: 2018) yang ditulisnya, ia mengemukakan ada banyak sekali faedah jika bersegera pergi ke masjid. 

Advertisement

Pertama; hidupnya akan dinaungi Alloh SWT. Dalam hadis riwayat Imam Malik sabda Rasulullah SAW berbunyi; Dan seorang laki-laki yang hatinya bergantung dengan masjid, apabila ia keluar darinya sampai dia kembali padanya”. 

Kata Imam Nawawi maknanya seorang lelaki yang amat mencintai masjid dan senantiasa berjamaah di dalamnya bukan karena dia senantiasa duduk di tempat itu. 

Baca: Ini Syarat-syarat dan Jenis Hewan yang Boleh Dikurbankan

Kedua; Malaikat mendoakan orang yang bersegera hadir di masjid dan memohonkan ampunan baginya. Allah SWT menugasi para malaikat agar mendoakan orang pergi ke masjid melakukan sholat dan duduk didalamnya sambil menantian iqomat. Termasuk orang yang diam di tempat shalatnya. Hadist riwayat Abu Hurairah ra; Malaikat berdoa, Ya Allah ampunilah dia, kasihanilah dia”.

Ketiga; Allah Meninggikan Derajat orang yang berjalan kaki ke masjid. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah bersabda; Maukah aku tunjukkan pada kalian sesuatu yang karenanya Alloh akan menghapus berbagai kesalahan dan meninggikan derajat?”Para Sahabat menjawab” Ya, wahai Rasululloh”, Rasulullah pun bersabda.”Yaitu menyempurnakan wudhu dalam siatuasi yang tidak disukai, memperbanyak menuju masjid, dan menenatikan sholat sebelum sholat. Yang demikian itulah ribath (pengikatan diri pada ketaatan dan jihad).

Keempat; Allah akan memakbulkan orang yang berdoa antara adzan dan iqamat. Dari Anas bin Malik ra, Rasululloh SAW bersabda; Tidalah ditolak doa di antara adzan dan iqamat”. Itu sebabnya betapa mulianya waktu itu untuk berdoa. Makanya muslim bersegara ke masjid antara waktu itu. Karena boleh jadi Allah SWT akan memakbulkan permohonannya.

Kelima; Alloh akan memberikan 2 pembebasan. Dari azab api neraka dan dari sifat munafik. Dari Anas bin Malik ra, Rasulullah SAW bersabda; Barangsiapa melaksanakan sholat berjamaah selama 40 hari karena Alloh, dan dia mendapati takbirratul ikhram, maka diwajibkan baginya dua pembebasan, pembebasan dari neraka dan sifat munafik. (bpc5)