WHO Sebut Vaksin Tak Bisa Diandalkan dalam Penanganan Covid-19

Kamis, 19 November 2020 13:32
WHO Sebut Vaksin Tak Bisa Diandalkan dalam Penanganan Covid-19
Ilustrasi. (net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO Mike Ryan mengatakan bahwa keberadaan vaksin Covid-19 tak bisa diandalkan dalam penanganan wabah tersebut di suatu negara. 

“Baik yang ada di wilayah Eropa dan Amerika Serikat, dari hantaman gelombang virus corona (Covid-19) selama musim dingin ini. Kami bahkan belum sampai di sana dengan vaksin. Kami akan sampai di sana, tetapi kami tidak di sana,” kata Mike Ryan, dikutip dari CNBC International, Kamis, 19 November 2020. 

Advertisement

Dia mengatakan memang ada banyak negara yang dihadapkan pada kondisi sulit, lalu mereka berharap dengan keberadaan vaksin agar situasi kembali normal seperti semula. Namun kemungkinan besar, harapan itu belum bisa akan terwujud dengan adanya vaksin.

“Banyak negara sedang melalui gelombang ini, dan mereka akan melalui gelombang ini dan terus melalui gelombang ini tanpa vaksin,” jelasnya.

Baca: Ekonomi Riau Terancam Anjlok Jika Tiongkok Jadi Kembangkan Bunga Matahari

BACA JUGA:  COVID-19 : Pelaksanaan Ibadah Haji Tahun Ini Ditiadakan

Peringatan WHO muncul ketika Pfizer mengumumkan pada Rabu, 18 November 2020 bahwa analisis data akhir dari vaksinnya menunjukkan 95% efektif dalam mencegah Covid-19.

Namun, para pejabat dan pakar kesehatan memperingatkan oengembangan vaksin kemungkinan akan memakan waktu berbulan-bulan, bahkan mungkin lebih dari setahun, termasuk untuk mendistribusikan dosis yang cukup bagi AS dan seluruh dunia.

“Beberapa orang berpikir bahwa vaksin akan menjadi solusinya. Unicorn yang kita semua kejar. Tidak,” kata Ryan. “Bagaimana caranya agar Covid sama dengan nol? Menambahkan vaksin akan memberi kami peluang besar, tetapi jika kami menambahkan vaksin dan melupakan hal-hal lain, Covid tidak akan menjadi nol.”

(bpc2)