WHO: Pandemi Corona Meningkat Pesat

Selasa, 24 Maret 2020 11:32

BERTUAHPOS.COM — Organisasi Kesehaga Dunia (WHO) mengeluarkan peringatan bahwa pandemi virus corona meningkat dengan sangat pesat, dengan lebih dari 300.000 kasus yang sudah terkonfimasi di seluruh dunia.

Diperlukan waktu 67 hari sejak kasus pertama dilaporkan untuk mencapai angka 100.000 kasus, dan 11 hari lagi untuk menyentuh angka 200.000. Kemudian hanya diperlukan waktu empat hari saja untuk mencapai angka 300.000 kasus, seperdi dilaporkan BBC.

Namun, Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan masih memungkinkan untuk “mengubah lintasan wilayah”. Dia mendesak negara-negara untuk melakukan strategi tes massal dan pelacakan kontak.

Tedros mengimbau orang-orang untuk tinggal di rumah dan menjaga jarak adalah cara yang penting untuk memperlambat penyebaran virus, namun dia menggambarkan hal itu sebagai “cara bertahan yang tidak akan membantu kita untuk menang”.

Baca: Karena Masalah Tenda dan Toilet, Indonesia Minta Saudi Segera Renovasi Mina

“Supaya menang, kita perlu menyerang virus dengan taktik yang agresif dan tepat sasaran – memeriksa semua orang dengan pengawasan, mengisolasi semua kasus positif, dan mengkarantina semua orang yang berkontak dekat.

Tedros menyatakan khawatir atas laporan dari seluruh dunia tentang sejumlah kasus infeksi di kalangan petugas kesehatan, yang tampaknya merupakan akibat dari kekurangan peralatan perlindungan yang memadai.

“Petugas kesehatan hanya dapat melakukan pekerjaan mereka secara efektif ketika mereka dapat melakukan pekerjaan mereka dengan aman,” ia memperingatkan.

“Bahkan ketika kita melakukan segalanya dengan benar, jika kita tidak memprioritaskan melindungi petugas kesehatan, banyak orang akan mati karena petugas kesehatan yang bisa menyelamatkan hidup mereka sakit.”

Dia mengatakan WHO sedang bekerja dengan mitranya untuk memprioritaskan penggunaan peralatan pelindung, dan mengatasi kekurangan peralatan pelindung global.

Namun dia menekankan: “Langkah-langkah yang dilakukan untuk memperlambat penyebaran virus mungkin memiliki konsekuensi yang secara tidak disengaja memperburuk kekurangan alat pelindung esensial dan bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya.”

WHO menyerukan “komitmen politik dan koordinasi politik di tingkat global” dan mengatakan ia akan meminta para pemimpin kelompok negara-negara G20 minggu ini untuk bekerja sama guna meningkatkan produksi peralatan pelindung, menghindari larangan ekspor dan memastikan pemerataan distribusi atas dasar kebutuhan.¬†(bpc3)