Warga Irak Kembali Turun Kejalan, Mereka Protes Pemerintah

Selasa, 21 Januari 2020 16:02

Demonstrasi anti Pemerintah di Irak. (Foto: AFP)


BERTUAHPOS.COM – Warga Irak kembali turun ke jalan. Demonstrasi anti pemerintah itu pecah, bahkan sejumlah orang terluka di Baghdad dan kota-kota lainnya pada Senin 20 Januari 2020.

Insiden bentrokan dengan pasukan keamanan yang berusaha untuk membersihkan jalan yang diblokir, kata sumber keamanan dan medis, ketika kerusuhan anti-pemerintah berlanjut setelah jeda beberapa pekan.

Di Tayaran Square, Baghdad Minggu 19 Januari malam, pengunjuk rasa melemparkan bom molotov dan batu ke polisi yang kemudian merespons dengan gas air mata dan granat setrum, kata saksi mata.

Baca: Raja Abdullah II Bertekad Bebaskan Pilot Yordania

Sedangkan di tempat lainnya, di Irak selatan, ratusan pemrotes membakar ban dan memblokir jalan-jalan utama di beberapa kota, termasuk Nassiriya, Kerbala dan Amara.

Mereka mengatakan Perdana Menteri Adel Abdul Mahdi belum memenuhi janji termasuk menunjuk pemerintah baru yang dapat diterima oleh rakyat Irak, sebagaimana dikutip dari Channel News Asia.

“Mereka (pasukan keamanan) harus berhenti menembak dan membidik, siapa mereka dan siapa kita? Kedua belah pihak adalah warga Irak. Jadi mengapa Anda membunuh saudara-saudaramu?” kata seorang wanita pengunjuk rasa di Baghdad yang menolak menyebutkan namanya.

Polisi Baghdad mengatakan, pasukannya telah berhasil membuka kembali semua jalan yang ditutup oleh para demonstran. Protes massa telah mencengkeram Irak sejak 1 Oktober 2019, dengan sebagian besar demonstran muda yang menuntut perombakan sistem politik karena mereka lihat sangat korup dan tak mampu mengentaskan masyarakat Irak dari kemiskinan. Sejak itu hingga saat ini, lebih dari 450 orang telah terbunuh.

Jumlahnya telah menyusut tetapi protes berlanjut lagi pekan lalu ketika demonstran berusaha untuk menjaga momentum setelah perhatian publik beralih ke ancaman konflik AS-Iran setelah pembunuhan yang dilakukan AS pada jenderal top Tehran dalam serangan udara di Irak. (bpc3)

Berita Terkini

Senin, 24 Februari 2020 18:15

Secuil Keluh Kesah untuk Setahun Syamsuar-Edy Memerintah

REFLEKSI SETAHUN KEPEMIMPINAN SYAMSUAR-EDY

Senin, 24 Februari 2020 15:26

Harga Mobil Hartop Bekas Tahun 1981

OTOMOTIF

Senin, 24 Februari 2020 13:14

Ahmad Syah: SK EHA 2020 Dikeluarkan Serentak Maret Nanti

ISLAMPEDIA

Senin, 24 Februari 2020 12:22

INSPIRASI STORY: Atlet Tenis Merajuk Pada Dosennya

INSPIRASI STORY

Senin, 24 Februari 2020 11:03

Catatan Sejarah 24 Februari: Gugurnya Arif Rahman Hakim

SEJARAH