Untuk Kesekian Kalinya WHO Warning Soal Kematian Akibat Corona

Selasa, 15 September 2020 07:02
Untuk Kesekian Kalinya WHO Warning Soal Kematian Akibat Corona

BERTUAHPOS.COM — World Health Organization (WHO) atau badan kesehatan dunia kembali mengeluarkan peringatan. Angka kematian akibat wabah di ini perkirakan kembali melonjak terutama di Eropa.

Pihaknya sudah meminta kepada pemerintah di benua itu untuk segera melakukan tindakan-tindakan antisipasi. Peringatan terhadap kondisi tersebut setelah terjadinya rekor angka infeksi yang sangat tinggi beberapa waktu belakangan ini.

Advertisement

“Ini akan menjadi lebih sulit. Pada Oktober, November, kita akan melihat lebih banyak kematian,” kata Direktur WHO Eropa Hans Kluge kepada AFP dalam sebuah wawancara.

“Covid-19 telah mengungkap kelemahan dan kekuatan masyarakat Eropa. Itu secara blak-blakan mengungkapkan realitas sistem kesehatan kita.”

Baca: Seorang Pria Berpakaian Hitam Melompat dari Atas Masjidil Haram

Dia pun mengatakan pandemi ‘sukses’ menganggu layanan untuk penyakit tak menular. Termasuk diabetes, hipertensi, dan skrining kanker di 68% negara anggota.

Sementara itu Senin 14 September 2020, WHO melakukan pertemuan dengan 53 negara Eropa. Mereka melakukan tanggapan saat jumlah kematian akibat corona secara global kini mencapai 900 ribu lebih.

Prancis melakukan serangkaian tindakan untuk membatasi gerak publik. Hal senada juga dilakukan Inggris dengan membatasi pertemuan maksimal enam orang.

Di Italia anak-anak sudah diizinkan masuk sekolah. Namun penundaan dilakukan di beberapa kawasan bagian selatan karena persiapan yang belum matang.

Dari data Worldometers, sudah 29.417.043 warga dunia terinfeksi corona. Di mana angka kematian 931.965 dan kasus sembuh 21.261.136. (bpc2)