Pilpres AS, Obama: Trump tak Becus

Kamis, 20 Agustus 2020 14:31
Pilpres AS, Obama: Trump tak Becus

BERTUAHPOS.COM — Mantan Presiden AS Barack Obama mengkritik Donald Trump. Menurut Obama, selama Trump menjadi presiden hanyalah seperti reality show. Hal ini diungkapkan Obama dalam pidatonya di konvensi Partai Demokrat.

Mengutip BBC News Indonesia, penggantinya itu selama ini belum melakukan pekerjaan dengan baik karena memang dianggap tidak becus.

Advertisement

Trump kemudian menanggapi tudingan itu dengan berkata, “Bahwa dirinya terpilih (menjadi presiden) hanya karena ‘kengerian’ yang telah ditimbulkan Obama di Amerika.”

Pada Rabu malam, 19 Agustus 2020, Obama melontarkan kritiknya yang paling pedas terhadap Trump saat berbicara dari Museum Revolusi Amerika di Philadelphia.

Baca: 300 Ribu Kasus COVID-19, Trump Sebut Banyak Warga AS Mati Dalam Sepekan Kedepan

Dikutip dari naskah pidato yang dirilis sebelum sambutannya, Obama akan berkata: “Dia [Trump] tampaknya tidak berminat untuk bekerja. Tidak berminat untuk menemukan kesamaan.

“Tidak berminat menggunakan kekuatan luar biasa dari jabatannya untuk membantu siapa pun kecuali dirinya dan kawan-kawannya.

“Tidak ada minat untuk memperlakukan kepresidenan sebagai apa pun kecuali suatu reality show yang bisa dia gunakan untuk mendapatkan perhatian yang dia damba-dambakan.”

Obama akan mengatakan konsekuensi dari pemerintahan Trump adalah “lepasnya dorongan terburuk kita, berkurangnya reputasi yang kita banggakan di seluruh dunia, dan ancaman yang tidak pernah ada sebelumnya bagi lembaga demokrasi kita”.

Dari situ, Obama kemudian akan mendorong para pemilih untuk memilih mantan wakil presidennya, Biden – seraya memujinya sebagai “teman saya” dan “saudara” – dalam Pilpres 76 hari ke depan. (bpc2)