Korut Tolak Kedatangan Wisatawan Asing, Wabah Korona Kian Mengkhawatirkan

Kamis, 23 Januari 2020 07:36

Layanan pramugari di kabin Koryo Air Korea Utara – (Foto: Twitter @misskimpyongya1)




BERTUAHPOS.COM – Korea Utara terpaksa harus memberlakukan kebijakan menolak wisatawan asing masuk ke negara mereka. Kasus virus konona di Wuhan, China menimbulkan efek domino, dampak itu sangat dirasakan oleh pelaku bisnis wisata di beberapa negara.

“Negara tersebut (Korea Utara) telah melarang turis asing memasuki wilayah mereka,” kata seorang perjalanan yang menyediakan paket liburan ke Korea Utara.

Kebijakan ini terpaksa diberlakukan mengingat sebagian besar wisatawan yang menyambangi Korea Utara berasal dari China. Selain Korea Utara, beberapa negara juga telah mengambil langkah yang tegas dengan meningkatkan kewaspadaan terhadap para wisatawan yang baru mengunjungi Kota Wuhan.

Baca: Pemberontak Kashmir Tewaskan Polisi dan Warga Sipil

Kekhawatiran ini semakin diperparah dengan adanya momen Hari Raya Imlek, yang jatuh pada 25 Januari mendatang. Bukan tanpa alasan, pada momen inilah jutaan warga China akan bepergian untuk berlibur di dalam maupun luar negeri.

“Kami masih mempelajari tentang penyakit ini,” ujar Gao Fu, seorang akedemisi di Chinese Academy of Sciences and head of the Chinese Center for Disease Control.

Gao mengatakan, para pejabat China berasumsi bahwa wabah ini disebabkan oleh paparan infeksi dari binatang liar yang dijual secara ilegal di pasar Wuhan. Virus itu, kemudian bermutasi hingga akhirnya dapat menginfeksi manusia.

Hal senada juga diungkapkan oleh Jiao Yahui, salah satu pejabat di departemen kesehatan China. Ia mengatakan bahwa virus korona akan terus berkembang, dan dibutuhkan tindakan lebih lanjut untuk mencegah penyebarannya.

“Penyakit ini akan terus berkembang. Sampai sekarang dia sudah berkembang hingga menjadi beberapa fitur dibanding saat pertama kali virus itu ditemukan. Oleh karenanya, langkah-langkah pencegahan harus segera diubah dan disesuaikan,” tegasnya. (bpc3)

Berita Terkini

Senin, 24 Februari 2020 18:15

Secuil Keluh Kesah untuk Setahun Syamsuar-Edy Memerintah

REFLEKSI SETAHUN KEPEMIMPINAN SYAMSUAR-EDY

Senin, 24 Februari 2020 15:26

Harga Mobil Hartop Bekas Tahun 1981

OTOMOTIF

Senin, 24 Februari 2020 13:14

Ahmad Syah: SK EHA 2020 Dikeluarkan Serentak Maret Nanti

ISLAMPEDIA

Senin, 24 Februari 2020 12:22

INSPIRASI STORY: Atlet Tenis Merajuk Pada Dosennya

INSPIRASI STORY

Senin, 24 Februari 2020 11:03

Catatan Sejarah 24 Februari: Gugurnya Arif Rahman Hakim

SEJARAH