Kim Jong Un ‘Serang’ AS Soal Laut China Selatan

Senin, 27 Juli 2020 14:28
Kim Jong Un ‘Serang’ AS Soal Laut China Selatan

BERTUAHPOS.COM — Petinggi Korea Utara Kim Jong Un menampilkan sikap berbeda dengan banyak negara lainnya soal polemik klaim China di Laut China Selatan.

Kim Jong Un malah ‘menyerang’ AS melalui Juru Bicara Korut, yang menganggap AS terlalu suka ikut campur usuran orang lain. Sikap AS, menurut Kim Jong Un, telah mengacaukan opini publik. Apa yang dilakukan AS sama sekali bukan urusannya.

Advertisement

“Ini adalah tindakan yang sangat menakutkan, bahwa negara non-Asia di seberang lautan, yang tidak puas, dengan pernyataan cerobohnya atas masalah LCS malah melakukan pelanggaran,” kata juru bicara Korut dalam sebuah pernyataan mengomentari pernyataan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dikutip dari Yonhap.

“Jika kita memeriksa dengan teliti komentar baru-baru ini yang dilontarkan Pompeo atas China, kita bisa dengan mudah mengetahui apa niatnya. Pompeo sangat menghina.”

Baca: Jurai GP Qatar, Dovi Merosot di Urutan Terakhir FP2 Argentina

“Pompeo seharusnya tidak mengacaukan opini publik dan membuat pernyataan yang absurd sambil mencampuri urusan orang lain kapanpun dia mau,” ungkapnya mengutip CNBC Indonesia.

Sebelumnya pada awal pekan ini, Pompeo mengatakan China “melanggar hukum” karena telah melakukan klaim sepihak atas sumber daya di wilayah LCS. Ia juga mengkritik Partai Komunis Tiongkok (CPC) karena mengintimidasi negara-negara yang juga memiliki hak di perairan tersebut.

Pernyataan Pompeo menarik teguran keras dari Beijing, yang belum lama ini juga bersitegang. Di LCS, China juga tegang dengan Jepang, Filipina, Malaysia, Vietnam, dan Brunei atas kasus klaim wilayah. (bpc2)