Ketika Menlu China-India Adu Mulut, Buntut Pertikaian Tentara di Perbatasan

Kamis, 18 Juni 2020 10:30
Ketika Menlu China-India Adu Mulut, Buntut Pertikaian Tentara di Perbatasan

BERTUAHPOS.COM — Ketegangan antara Menteri Luar Negeri (Menlu) China dan India terjadi. Keduanya berkelahi dengan mulut menyusul bentrokan yang terjadi antara tentara mereka di perbatasan, hingga menelan korban jiwa.

Bentrokan itu terjadi di wilayah sengketa Himalaya. 20 tentara India tewas. Menteri luar negeri India Subrahmanyam Jaishankar melayangkan tuduhan bahwa China yang lebih dulu bikin onar, dengan rencana ingin membangun infrastruktur di wilayah India.

Tapi menteri luar negeri China, Wang Yi menuduh balik bahwa pasukan India-lah yang melancarkan serangan terlebih dahulu. Saat keduanya saling berbicara melalui sambungan telepon, mereka janji untuk meredam situasi ini agar tidak semakin buruk.

BBC melaporkan bahwa pertikaian antara militer China-India ini, merupakan bentrokan mematikan di perbatasan wilayah kedia negara negara dalam kurun waktu 45 tahun terakhir. Para tentara itu saling mengeluarkan “jurus” masing-masing, baku hantam dengan tongkat dan pentungan – tidak pakai senjata api.

Baca: BMKG: Kemarau Panjang di Riau Sampai September

Namun, laporan yang tak dapat dikonformasi dalam pemberitaan media di India mengatakan, sedikitnya 40 tentara China tewas dalam peristiwa tersebut. Sejumlah tentara India juga diyakini masih hilang.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan, kematian tentaranya, “tidak akan sia-sia.” Dan India, “bangga dengan tentara yang meninggal dalam pertempuran melawan tentara Cina,” dalam bentrokan di daerah Ladakh, Senin, 15 Juni 2020. (bpc3)