Dibantah, Militer Afghanistan Tembak Mati Tujuh Tentara Amerika

Minggu, 18 Juni 2017 09:41

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Militer Afghanistan menembak secara membabi-buta pasukan asing yang berada di pangkalan militer Afghanistan, yaitu Kamp Shaheen di Mazar i Sharif. Serangan itu menyebabkan tujuh tentara Amerika tewas. Namun kabar itu kemudian dibantah. Bantahan itu menyebut, tujuh tentara itu terluka.

Yang melakukan bantahan itu, menurut laporan Reuters, Minggu (18/6/2017) adalah Juru Bicara Komando Militer AS.  Dalam laporannya, empat tentara AS yang tewas dalam peristiwa itu tidak benar. Dia mengonfirmasi, terdapat tujuh tentara AS yang mengalami luka-luka dan telah dievakuasi.

Namun dalam laporan itu dibenarkan, bahwa serangan itu mengakibatkan satu tentara Afghanistan tewas dan satu lagi terluka. Tapi tidak dirinci, adakah pelaku penembakan itu dua korban yang tewas dan terluka itu.

Penembakan ini merupakan rentetan kejadian sejak sepekan lalu. Sebelumnya, seorang tentara Afghanistan melepaskan tembakan dan menewaskan tiga tentara AS di pangkalan militer di Provinsi Nangarhar. Dalam peristiwa itu militan Taliban menyatakan bertanggung jawab.

Baca: 430 Ribu Unggas Dimusnahkan Akibat Flu Burung

Dan untuk di Kamp Shaheen, ini merupakan peristiwa kedua di tahun ini. April lalu, ratusan tentara Afghanistan tewas dan akibat seraangan militan Taliban. Kelompok itu menyamar dan menerobos masuk ke dalam pangkalan.

Mereka berhasil meledakkan bom dan menembaki tentara yang baru pulang salat Jumat. Mayat-mayat berserakan di kantin dan masjid pangkalan, dan ratusan korban meninggal dunia. jss