Catatan Sejarah 5 Desember: Meninggalnya Tokoh Penentang Apartheid, Nelson Mandela

Kamis, 05 Desember 2019 09:59
Catatan Sejarah 5 Desember: Meninggalnya Tokoh Penentang Apartheid, Nelson Mandela

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Dia dikenal sebagai tokoh yang anti apartheid. Nelson Mandela adalah aktivis yang menentang perbedaan sosial bagi orang kulit hitam di Afrika Selatan.

Perjuangan Mandela dimulai ketika dirinya menjadi pengacara muda. Dia kemudian didapuk menjadi Ketua Afrikan National Congress (ANC), sebuah gerakan protes terhadap apartheid. Mandela pernah memimpin demonstrasi dan mogok massal.

Advertisement

Pemerintah rasis Afrika Selatan kemudian melarang ANC. Perjuangan Mandela kemudian dilakukan di bawah tanah. Gerakan ini bertujuan melemahkan pemerintah Afrika Selatan dengan menyerang pusat-pusat industri. Akibatnya, Mandela ditangkap dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada 1964.

Nelson Mandela kemudia dibebaskan pada tahun 11 Februari 1990, setelah 27 tahun hidup di penjara. Setelah bebas, Mandela menerima penghargaan Nobel perdamaian.

Baca: New York Perpanjang Lockdown Hingga 13 Juni

Tahun 1994, Nelson Mandela terpilih menjadi presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan melalui pemilu yang bebas dan adil. Dalam pidatonya sebagai presiden, Mandela menjamin bahwa tidak akan ada lagi kelompok kelas 2 di Afrika Selatan.

Tanggal 5 Desember 2013, Nelson Mandela meninggal di usia 95 tahun. Sebelumnya Mandela memang dirawat akibat infeksi paru-paru. Kepergiannya dianggap sebagai kehilangan terbesar bagi Afrika Selatan dan juga dunia. (bpc2)