Catatan Sejarah 12 Januari: Gempa Bumi Dahsyat Guncang Haiti, 200.000 Tewas

Minggu, 12 Januari 2020 08:56
Catatan Sejarah 12 Januari: Gempa Bumi Dahsyat Guncang Haiti, 200.000 Tewas

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pada tanggal 12 Januari 2010, gempa dengan kekuatan 7,0 Skala Richter (SR) mengguncang Haiti. Gempa ini terjadi di kedalalaman 13 kilometer.

Kerusakan akibat gempa ini disebutkan sebagai yang terburuk yang pernah ditangani PBB. Hampir semua gedung pemerintahan hancur, termasuk Istana Presden dan juga gedung parlemen.

Korban tewas akibat gempa ini mencapai 200.000 orang, dan 3 juta lainnya juga terkena dampaknya. Bahkan, gempa bumi Haiti disebutkan lebih buruk dari gempa dan tsunami Aceh pada tahun 2004.

“Ini adalah bencana yang mengerikan. Kami belum pernah melihat kerusakan seperti ini sebelumnya,” ujar¬†Koordinator Kemanusiaan PBB, Elisabeth Byrs.

Baca: Hasil Penghitungan Surat Suara Pilpres Luar Negeri Beredar, KPU RI: Kabar Itu Tak Bisa Dipertanggungjawabkan

Menurut Byrs, saat gempa bumi dan tsunami di Aceh, setidaknya pemerintahan masih berjalan dan gedung pemerintahan masih berdiri. Namun, di Haiti, seperti di Kota Leogane, 90 persen bangunan hancur, termasuk gedung pemerintahan.

“Dan kota-kota lainnya di Haiti juga tak kalah parahnya. Sebagian besar warga banyak yang terkubur di reruntuhan bangunan dan terlambat di evakuasi. (bpc2)