Bagaimana Mau Cuci Tangan, Sabun Jadi Barang Langka di Negara Ini

Rabu, 08 April 2020 11:13

BERTUAHPOS.COM – Di saat virus corona sedang menyebar di seluruh dunia termasuk Korea Selatan, Korea Utara melaporkan nol kasus infeksi Covid-19, kemudian menggelar ujicoba rudal balistik. Seperti biasa, tidak banyak data-data yang bisa disajikan dari negara ini, selain propaganda, dugaan dan spekulasi.

Tapi pada Januari 2020, harian nasional Rodong Sinmum sudah menulis tentang virus corona, dan menyebutkan bahwa perjuangan melawan virus ini adalah pertaruhan “keberlangsungan bangsa”.

Situs DW melaporkan, Korea Utara memiliki sekitar 25 juta penduduk dengan sistem pelayanan kesehatan yang sangat buruk. Kata Jean H. Lee yang pernah bekerja sebagai koresponden di Korea Utara, terakhir kali tahun 2017. Dia sendiri beberapa kali berkunjung ke rumah sakit untuk melakukan investigasi. 

Penduduk di negara ini banyak yang mengalami kekurangan gizi kronis, dan sangat mudah diserang penyakit. Perlengkapan rumah sakit sangat tidak memadai, untuk menghadapi epidemi seluas ini. Bahkan hal-hal yang paling sederhana pun sulit didapat.

Baca: Dampak Corona, Euro dan Copa America 2020 Resmi Diundur 1 Tahun

”Salah satu langkah pencegahan terpenting adalah mencuci tangan dengan air bersih dan sabun. Padahal keduanya adalah barang langka di Korea Utara”, kata Lee. (bpc3)