AS Geram Karena Iran Pamer Rudal Baru

Jumat, 08 Februari 2019 15:27
AS Geram Karena Iran Pamer Rudal Baru

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Amerika Serikat (AS) begitu geram dengan rudal baru yang dipamerkan Iran. Rudal ini jenis balistik. Angkatan Bersenjata Iran sudah meresmikan rudal balistik jarak jauh itu sebagai perkembangan teknologi terbaru.

Dilansir dari AFP yang dikutip oleh laman CNNIndonesia.com menyebut bahwa pihak Gedung Putih malah mengecam keras rudal yang dipamerkan Iran ini. Bahkan AS bersumpah terus menekan “tanpa belas kasihan” agar Iran menghentikan pengembangan peluru kendalinya itu.

Pihak Gedung Putih, dalam hal ini  wakil juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Robert Palladino menyebut bahwa Iran secara terang-terangan abaikan hukum internasional. AS tak akan berhenti menggaet dukungan dunia untuk hadapi rudal balistik milik Iran ini.

“Kami akan terus memberikan tekanan pada rezim Iran sampai negara itu mengubah perilaku merugikannya,” katanya.

Baca: Diperkosa Dukun, Gadis Muda Ini Potong Alat Vitalnya

Angkatan bersenjata Iran, Garda Revolusi, memang sudah meresmikan rudal balistik jarak jauh teknologi baru. Selama ini AS memang menekan Riyadh agar menghentikan pengembangan senjata tersebut.Â

Kantor berita Fars melaporkan bahwa rudal yang dikenal dengan nama “Dezful” itu memiliki jarak tempuh hingga 1.000 kilometer. Disebut-sebut inilah versi terbaru rudal Zolfaghar dengan jangkauan 700 kilometer dan memiliki hulu ledak mencapai 450 kilometer.

Reuters juga memperlihatkan dokumen dalam bentuk foto yang sengaja dirilis untuk memperlihatkan pabrik rudal dengan julukan “kota bawah tanah.”  Tidak hanya sebatas itu, AS semakin geram karena Iran mengklaim punya rudal  jarak tempuh hingga 2.000 Km, yang diperkirakan mampu menjangkau pangkalan militer Israel dan AS di kawasan itu. (bpc3)