Sosok Inspiratif Dosen Milenial Nahkodai Social Corner, Komunitas Peduli Sampah di Pekanbaru

Selasa, 24 Desember 2019 09:15
Sosok Inspiratif Dosen Milenial Nahkodai Social Corner, Komunitas Peduli Sampah di Pekanbaru
Ketua Social Corner Riau Robi Armilus (Foto; Istimewa)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Sosok pemuda insfiratif yang peduli dengan masalah sosial terutama persmasalahan sampah yang begitu parah di kota pekanbaru, Robi Armilus seorang Alumnus program Pasca sarjana bidang sosiologi pada Universitas Riau.

Setamat dari kampus biru langit ini Robi mendapat kesempatan untuk mengabdi sebagai dosen di kampus tempat ia belajar ini, disamping jadi dosen muda dia juga nahkodai komunitas melenial peduli sampah di pekanbaru, Social Corner (SC) namanya.

Advertisement

Pemuda kelahiran pelalawan, 25 oktober 1993 ini pimpin komunitas kaula muda SC sangat menginsfirasi banyak orang terutama para mahasiswa dan pelajar agar peduli terhadap permalahan sosial di lingkungan masyarakatnya.

Social Corner di Riau terbilang masih baru, namun kegiatan dan kontribusinya sudah cukup banyak hingga menghasilkan program yang mencuri perhatian pemerintah Kota Pekanbaru.

Baca: Kunci Sukses dalam Karir, Tekad Kuat serta Keikhlasan

bahkan SC Komunitas yang dia pimpin ikut berkontribusi menjadikan pekanbaru raih penghargaan kota layak pemuda dalam ajang nasional Malam Anugrah Kepemudaan tahun 2019 di Jakarta, yang diberikan langsung oleh Mentri Pemuda dan Olahrga Republik Indonesia kepada walikota Pekanbaru.

“Awal pembentukan Socia Corner (SC) itu sebenarnya dimotivasi kepedulian terhadap masalah sosial terutama di Pekanabru, maka dari itu SC berslogan ada untuk berguna,” ujar dosen di Universitas Riau ini.

Melalui Corner Robi dan temannya belajar tentang pengelolaan sampah rumah tangga dipekanbaru alhasil SC membuat program usaha kreatif dengan menukar sampah dengan sembako.

“Sederhananya, sampah dari rumah tangga dibeli dengan sembako, yaa katakanlah kebutuhan rumah tangga minyak, gula, beras, kopi dan lainsebagainya,” kata robi

Program ini pertama sekali disosialisasikan bersama DLH Pekanbaru dikelurahan kampung bandar, kecamatan senapelan. Masyarakat diajari memlah sampah rumah tangganya, program ini sangat di apresiasi Pemko Pekanbaru.

Lika liku kehidupan Robi mulai saat dia kuliah di universitas riau pekanbaru sangatlah bermacam- macam dia aktif mengikuti organisasi selama kuliah mulai dari organisasi kampus dan diluar kampus, dia pernah menjadi Gubernur BEM Fakultas Ilmu Sosial Iilmu Politik Universitas Riau pada masanya.

“Mulai waktu menjadi ketua panitia dan ikut kegiatan saat dikampus, tertekan dengan permasalahan di kampus itu sudah menjadi kebiasaan saya waktu kuliah yaa mungkin itu yang membuat saya seperti ini sekarang,” ujar robi

Dia juga berpesan untuk mahasiswa dan generasi milenial, “Menjadi mahasiswa itu harus pintar dan cerdas karna dengan pintar dan cerdas kita tahu cara menyelesaikan permasalah sosial di lingkungan kita,” tutup Robi. (rilis)

Berita Terkini

Jumat, 04 Desember 2020 14:30

Aturan Baru Tarif Ekspor Sawit Efektif Berlaku 10 Desember Ini

#tarifekspor #sawit #bpdpks #kemenkeu #cpo

Jumat, 04 Desember 2020 13:30

BKD Riau Terganggu dengan Isu Pelantikan Pejabat

#pelantikan #pejabat #pemprovriau

Jumat, 04 Desember 2020 12:31

Inilah Film-film WB yang Akan Ditayangkan Secara Streaming di HBO Max

#film #streaming #filmgodzillavskong

Jumat, 04 Desember 2020 11:35

900 Tempat Tidur Masih Tersedia di Ruang Isolasi Pemerintah

#ruangisolasi #kapasitastempattidur #pasiencovid #corona

Jumat, 04 Desember 2020 11:15

Proyeksi Nasib Harga CPO di Awal 2021, Adakah Kabar Gembira?

#hargasawit hargacpo #cpo2021 #sawit2021

Jumat, 04 Desember 2020 10:30

Siapkan Kompetensi Anda, PT Riau Petroleum Segera Buka Pendaftaran Calon Direksi dan Komisaris

#direksi #riaupetroleum #bumd #komisaris