Resensi: History of The Arabs, Sejarah Islam di Perpekstif Barat

Minggu, 29 November 2020 08:00
Resensi: History of The Arabs, Sejarah Islam di Perpekstif Barat

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Buku dan tulisan sejarah Islam pada umumnya banyak ditulis oleh sejarawan Islam. Sangat sedikit sekali buku sejarah Islam yang ditulis sejarawan non-muslim.

Salah satu sejarawan non muslim yang menulis sejarah Islam adalah Philip Khuri Hitti. Philip lahir di Lebanon dari campuran orang tua Amerika-Lebanon, dan beragama Kristen Manorit.

Advertisement

Salah satu buku Philip yang terkenal adalah History of The Arabs. Dalam buku yang diterbitkan pada tahun 1937 dan telah mengalami banyak penerbitan ulang, termasuk di Indonesia, Philip secara gamblang menuliskan sejarah Islam.

Pada tahap awal, History of The Arabs menggambarkan kondisi geografi tanah Arab, dan keadaan sosial masyarakat sebelum kedatangan Islam.

BACA JUGA:  Resensi Buku: Winnetou, Old Shatterhand dan Kepala Suku Apache

Baca: Catatan Sejarah 2 Oktober: Salahuddin al-Ayyubi Rebut Kembali Yerusalem

Selanjutnya, History of The Arabs menuliskan kedatangan Islam, serta kepemimpinan Nabi Muhammad SAW. Philip tak banyak menceritakan tentang pribadi Rasulullah SAW.

Kemudian, dalam buku ini juga dituliskan tentang kepemimpinan khalifah setelah wafatnya Rasulullah, serta periode-periode dinasti-dinasti yang berkuasa di dunia Islam.

Buku ini bisa menjadi pembanding dalam kepenulisan sejarah Islam, karena pada umumnya sejarah Islam ditulis oleh orang Islam, yang dikhawatirkan akan subjektif. Buku ini datang sebagai penyeimbang, antara perpekstif sejarawan Islam, dan perpekstif sejarawan barat (non muslim). (bpc4)