Tiga Hal Berikut Penting untuk Kamu yang Baru Punya Gaji Bulanan

Minggu, 29 November 2020 08:31
Tiga Hal Berikut Penting untuk Kamu yang Baru Punya Gaji Bulanan
Ilustrasi

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Bagi kamu yang baru punya penghasilan, jangan mudah terlena saat pertama kali memegang uang dari gaji. Menabung dan berinvestasi tetap harus menjadi bagian penting yang harus kamu pikirkan.

Seing kali, gaji minim menjadi pertimbangan sehingga membuat kamu merasa sulit untuk menabung. Tapi sebenarnya, ada tips menabung kamu terapkan. Simak penjelasannya berikut ini.

Advertisement

Sisihkan uang untuk hal-hal yang prioritas

Urutkan tujuan penggunaan uang Anda dari waktu ke waktu berdasarkan tingkat prioritasnya. Karena tujuan Anda adalah menabung, maka coba prioritaskan pendapatan Anda untuk ditabung. Urutkan tujuan penggunaan uang Anda dari waktu ke waktu berdasarkan tingkat prioritasnya. Karena tujuan Anda adalah menabung, maka coba prioritaskan pendapatan Anda untuk ditabung.

Baca: Gubri: THR ASN di Pemprov Riau Tunggu Hasil Kajian Presiden

Mulailah berinvestasi

Bila sudah ada uang yang bisa ditabung, sisihkan juga sedikit demi sedikit untuk diinvestasikan. Kenapa? Menabung memang membawa untung karena ia bisa dijadikan dana darurat, dimana begitu Anda butuh, Anda bisa menarik uang kapan saja dari tabungan.

Menabung juga bisa membantu Anda memenuhi setiap kebutuhan sesuai nominalnya. Sebaliknya, bila hanya bergantung pada tabungan saja, yang ada uang Anda malah berkurang nilainya sedikit demi sedikit.

Yang pertama, mayoritas perbankan mengenakan biaya administrasi setiap bulan dan secara otomatis dipotong dari nominal tabungan Anda. Kedua, setiap tahunnya inflasi akan mengurangi nilai uang Anda.

Ketiga, kecenderungan memiliki uang dalam tabungan yang notabene bisa diambil kapan saja bisa saja mempengaruhi perilaku Anda menjadi lebih boros untuk membeli ini dan itu.

Investasi penting karena nilai uang Anda bukannya berkurang tapi malah bertambah seturut waktu, terutama karena adanya efek compounding.

Jangan pakai kartu kredit

Dalam banyak hal, harus diakui bahwa kartu kredit memang memudahkan, terutama lebih efisien ketika hendak memenuhi suatu kebutuhan. Hanya saja, bila tujuan Anda benar-benar untuk menabung, cobalah hindari penggunaan kartu kredit sebisa mungkin.

Pada akhirnya, meningkatkan penggunaan kartu kredit sama artinya dengan menambah jumlah utang dan justru memberatkan tagihan. Yang ada bukannya menambah jumlah tabungan malahan kere karena tagihan terus membengkak. Jadi, masih mau bergantung sama yang namanya kartu kredit? Coba dipikir-pikir lagi.

Nah itu dia tips menabung yang efektif dan efesien untuk kita kaum millenial ya, mulai dari sekarang ayok menabung, jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari. (bpc2)

Berita Terkini

Minggu, 24 Januari 2021 02:03

Larry King Meninggal Dunia

#LARRY KING MENINGGAL

Sabtu, 23 Januari 2021 21:32

Progres Kontruksi Tol Pekanbaru-Bangkinang Sudah 56%

#Tol #Infrastruktur #TolRiau

Sabtu, 23 Januari 2021 20:34

Pemprov Akui Kegiatan Vaksinasi di Riau Berjalan Lambat

#Vaksinasi #VaksinCorona #Kesehatan

Sabtu, 23 Januari 2021 19:32

Inhil Masuk dalam Pilot Project Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan PLTS

#PLTS #Inhil #listrik

Sabtu, 23 Januari 2021 18:32

Riau Masuk Dalam 9 Provinsi Pemulihan Mangrove dan Gambut

#Mangrove #gambut #pemulihan

Sabtu, 23 Januari 2021 17:32

Diprotes Budi Gunadi, Data Pemerima Vaksin Doevaluasi

#Vaksin #Menkes #datavaksin #corona

Sabtu, 23 Januari 2021 16:32

Google Wacanakan Angkat Kaki dari Australia

#teknologi #google #australia

Sabtu, 23 Januari 2021 15:59

Solskjaer: DNA MU Menyerang

#EPL

Sabtu, 23 Januari 2021 15:30

4 Juta Dosis Vaksin Siap Didistribusikan Februari

#Vakisn #DistribusiVaksin #kesehatan