Maju di Pilgub Jambi, Yuk Kenali Irjen Pol Syafril Nursal

Senin, 24 Agustus 2020 17:12
Maju di Pilgub Jambi, Yuk Kenali Irjen Pol Syafril Nursal

BERTUAHPOS.COM, JAMBI – Irjen Pol Syafril Nursal akan maju di Pilgub Jambi 2020 ini. Dia akan mendampingi calon petahana, Fachrori Umar, sebagai wakil gubernur.

Lalu, siapakah Irjen Pol Syafril Nursal?

Advertisement

Syafril Nursal adalah putera Jambi, yang lahir di Kerinci, 3 Oktober 1962. Dia adalah anak kedua dari lima bersaudara.

Sejak kecil, orang tua Syafril sudah menanamkan nilai-nilai agama kepada dirinya. Juga dibarengi semangat nasionalisme, jiwa sosial, dan pendidikan. Tak heran, nilai-nilai tersebut dipegang Syafril hingga saat ini.

Baca: Akhir Tragis de Houtman: Mati di Tangan Laksamana Malahayati

Masa kecil hingga pendidikan sekolah dihabiskan Syafril di Kota Jambi. Mulai dari SD, SMP 7 Jambi, dan SMA 1 Jambi.

Setamat dari sekolah menengah, Syafril kemudian memutuskan untuk mengabdikan diri kepada negara. Dia kemudian masuk Akademi ABRI (AKABRI), dan lulus pada tahun 1986 dengan meraih peringkat 5.

Pendidikannya di korps Bhayangkara dilanjutkan dengan masuk Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada tahun 1993, dan meraih peringkat 2.

Kemudian, dilanjutkan lagi dengan masuk Sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim) Polri, dan kembali lulus dengan peringkat 2. Di Sespim, Syafril satu angkatan dengan Panglima TNI saat ini, Hadi Tjahjanto.

Tahun 2001, Syafril bertolak ke Amerika Serikat, untuk mendapatkan pendidikan Anti-Teror.

Karirnya di kepolisian juga mentereng. Sejumlah jabatan pernah diembannya, sebut saja Kapolres Jakarta Barat, Kapolres Lumajang, Kapolres Jember, Direktur Narkoba Polda Riau.

Puncaknya, pada tahun 2019, Syafril ditunjuk sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah.

Syafril juga terlibat dalan Operasi Tinombala, yang bertujuan untuk menangkap dan melumpuhkan kelompok teroris Mujahidin Timur Indonesia.

Kini, Syafril kembali pulang ke Jambi, dan mengabdikan dirinya membangun Jambi dengan mencalonkan diri di Pilgub Jambi 2020. (bpc4)