Indah: Persaingan itu Positif

Jumat, 02 Januari 2015 15:05
Indah: Persaingan itu Positif

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Banyak yang mengatakan, pemilik nama Indah Wita ini bukan saja cantik tetapi juga cerdas dalam mengelola team work. Buktinya, perusahaan Indika Kreasindo yang dirintisnya sejak 2003 lalu tumbuh dengan baik.

Bergerak di bidang Event Organizer (EO), Indah mampu menjalankan bisnisnya dengan baik hingga sudah tidak asing lagi di masyarakat Pekanbaru. Memang, awal mendirikan perusahaan
bukan hal yang mudah dan bahkan sebaliknya banyaak mengalami hambatan. Berbekal latar belakang pendidikannya sebagai arsitek, kini PT Indika Kreasindo menjadi perusahaan jasa yang
diperhitungkan.

“Saya suka dengan sesuatu yang tertata dengan baik, sesuatu yang sesuai dengan tepat sasaran, efisien dan efektif. Kebetulan waktu kuliah di Bandung dan bersama temen-teman pernah
melaksanakan event dibidang sosaial ataupun yang sudah terkelola,” ujar Indah direktur Indika Kreasindo saat berbincang dengan BertuahPos.

Wanita lulusan Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung mengatakan, bahwa perkembangan Indika Kreasindo sendiri pada awal tahun di Pekanbaru memang belum terlalu terlihat. “Ya biasanya karena masih kurang membudaya, terbiasa untuk mengadakan acara menggunakan jasa event organizer. Dan memang tahun awal itu tugas saya mengedukasi pasar di Pekanbaru kalau ada event organizer bernama Indika Kreasindo,” ujarnya.

Baca: Senjata Tradisional Suku Sakai Turut Dipamerkan di Museum Sang Nila Utama

Selain itu, Indah melanjutkan bahwa sebagian orang mungkin sudah mengetahui EO itu apa, tapi masih belum tahu secara jelas sebenarnya apa EO tersebut. “Pasti ada kendala dalam membuat promosi, terkadang mereka berpikir tanpa menggunaan EO bisa membuat acara. Disitu tugas saya membuat mereka menyadari bahwa itu tidak efektif,” lanjut.

Tidak efektif maksud Indah disini, lanjut Indah, masih banyak kelemahan-kelemahan yang terjadi. Misalnya tugas mereka dikantor terbengkalai dan pada saat hari H pun, meskipun acara tetap
berjalan tapi hal-hal kecil pasti ada yang terlupakan. “Untuk level pimpinan perusahaan yang dari luar kota pekanbaru bisa menerima dan terbiasa menggunakan EO, tapi untuk perusahaan lokal masih terkendala. Mereka mengganggap event itu merupakan satu kegiatan untuk kewajiban aja,” pungkasnya.

Ketika ditanyai yang membedakan Indika dengan EO yang lain, Indah menjawab bahwa pihaknya dari pertama memang untuk fokus menjalankan EO. “Mungkin banyak temen-temen EO lain yang menjadikan EO ini sebagai sampingan, sehingga pada saat kita ada klien dan klien membutuhkan eo kita tetap ada,” tukasnya.

Perkembangan EO di Pekanbaru saat ini sudah mulai menjamur. Untuk menghadapi hal tersebut, Indah menanggapinya dengan santai. Pasalnya, dirinya beranggapan bahwa persaingan yang terjadi adalah hal yang positif baginya.

“Saingan pertumbuhan semakin banyak, persaingan itu adalah hal yang positif untuk membuat lebih baik lagi, karena kalau tidak ada persaingan maka kita tidak akan berkembang kita akan selalu berada di zona nyaman dan pada saat berada ditempat zona nyaman maka tidak akan belajar. Justru semakin banyak EO baru maka itu menjadi semangat tinggi untuk memberi kualitas yang terbaik,” jelasnya.

Lalu, bagaimana cara Indah membagi waktu bersama keluarga khususnya anak-anak? Indah pun menjawab buatnya anak-anak merupakan prioritas khusus dan menempatkan quality time untuk anak-anak. Hari sabtu dan minggu digunakam untuk anak-anak.

“Tapi kalau ada event mereka diikutsertakan tapi tentunya kalau lagi libur sekolah. Karena buat saya anak perlu tahu bahwa pekerjaan ibunya seperti apa, dan rata-rata semua event mereka senang mengikuti. Kalau di mall mereka bisa ikut sekalian anak mulai memahami bekerja untuk mencari hasil dari kecil,” lanjut ibu dari Kanaya dan Raka tersebut.

Indah menjelaskan bahwa dalam bisnis pasti terdapat permasalahan yang dialami. Namun hal itu bisa membuatnya bersama Indika tumbuh lebih baik dan matang untuk kedepannya. Baginya,
masalah itu pasti ada, dan solusi itu terjadi karena ada masalah, masalah itu sesuatu yang membuat semakin baik, matang untuk kedepannya.

“Masalah yang krusial itu tidak ada karena sudah diantisipasi lebih awal, kita beberapa tahun terakhir lebih membenahi managemen. Dulu belum ada managemen yang tertata dengan baik dan
sekarang harus mengikuti managemen yang ada. Sejauh ini tidak ada masalah yang terlalu ada yang,” lanjutnya.

Sebenarnya, kata Indah, kejadian pada saat event berlangsung yang tidak diharapkan untuk klien pasti ada. Hal ini dikarena kondisi yang tidak bisa dihindari dan kejadian lain pasti yang tidak
diharapakan. “Misal bikin acara outdoor dan ada kendala, tentu kita menggunakan Plan B, C atau D jika tidak Plan A gagal untuk dilakukan. Kalau masalah lain, tidak ada dan tamu yang hadir di acara kita datang 80-90% hadir,” ujarnya.

Inilah Tips Indah Wita Wirausaha Pemula Direktur di Indika Kreasindo, Event Organizer, Indah Wita berbagi tips untuk siapa saja yang ingin menjadi wirausaha. Karena pada prinsipnya, wirausaha dalam dilakukan oleh siapapun. Yang pertama dimiliki adalah keyakinan.

Berikut petikan wawancara, bersama Indah saat berbincang dengan Riki dan Maulana wartawan emagazine bertuahpos.com. Usai seminar enterpreuner di Mal Ciputra beberapa waktu lalu.

BERTUAHPOS.COM : Keyakinan seperti apa yang mesti dipunyai bagi mereka yanag ingin terjun ke dunia bisnis?

Indah Wita: Keyakinan itu, tahu dulu apa yang kita sukai apa yang akan kita jalankan. Dengan begitu kita akan kenal dengan baik usaha yang akan dijalani.
Selengkapanya di Majalah Emagazine Bertuahpos

Berita Terkini

Sabtu, 11 Juli 2020 17:33

Fakta Tanah Gambut Riau, Terdalam di Dunia

#TANAHGAMBUT

Sabtu, 11 Juli 2020 17:22

2 BLK di Riau Akan Dikelola Pusat Pada 2021

#REGIONAL

Sabtu, 11 Juli 2020 15:29

Jaga Aset Penelitian dengan Digital

#KOMUNITAS

Sabtu, 11 Juli 2020 14:50

Kenapa UMKM Harus Manfaatkan Digital?

#VIDEO

Sabtu, 11 Juli 2020 12:19

Apa Itu TMC? Bagaimana Fungsinya?

#TEKNOLOGI #INSIGHT

Sabtu, 11 Juli 2020 11:41

Bolehkah Mencium Isteri Saat Berpuasa?

#PUASA