Berawal dari Iseng-iseng, Ibu Ini Raup Puluhan Juta per Bulan

Senin, 23 September 2013 02:30
Berawal dari Iseng-iseng, Ibu Ini Raup Puluhan Juta per Bulan
BERTUAHPOS, JAKARTA – Sebagian masyarakat Indonesia sangat gemar dengan rasa pedas. Bahkan ada anggapan, bila tak makan pedas rasanya kurang nendang selera.
Â
Kenyataan ini dimanfaatkan oleh Ifud Arisianti (53), berawal dari iseng-iseng, ibu rumah tangga ini mencoba menyajikan rasa pedas dengan nama merek dagang ‘Sambel Pecel Bu Suryo’.
Â
“Bu Suryo saya ambil dari nama suami saya Suryo. Awal tahun 2009, saya iseng jual sambel tapi masih nyewa di tenda-tenda, lama kelamaan saya titipin saja ke toko-toko biasa, sekarang sambel saya ini sudah ada di swalayan-swalayan,” kata Ifud kepada detikFinance, di Pameran Peranti Saji Indonesia, di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (22/9/2013).
Â
Ifud menyebutkan, sambel khas Surabaya buatannya ini kini sudah mudah ditemukan di toko-toko modern. Dengan modal awal Rp 5 juta, ibu rumah tangga dengan 2 orang anak ini mampu meraup omzet hingga Rp 30 juta per bulan.
Â
“Kita sudah bisa produksi per bulan 3.000-4.000 bungkus. Harganya Rp 10 ribu per bungkus. Omzet ya bisa lebih dari Rp 30 juta,” katanya.
Â
Hingga kini, ia masih memasarkan sambal buatannya di sekitar Jabodetabek. Tidak menutup kemungkinan akan merambah pasar ekspor.
Â
“Kita baru di Jabodetabek. Ekspor sudah ada beberapa tawaran tapi masih bingung karena ongkos kirim terlalu besar,” ujarnya.
Â
Pembuat sambal ini pernah dengan terpaksa menaikkan harga jual karena imbas dari kenaikan harga-harga barang. Dari semula dijual Rp 8 ribu per bungkus, kini dia menyesuaikan di harga Rp 10 ribu per bungkus.
Â
“Ramai pas puasa, nah pas itu juga harga-harga lagi pada naik jadi kita terpaksa naikin harga juga karena kan cabai mahal ya,” kata Ifud.
Â
Â
Â
(detik.com)
Â