Teori Komunikasi, Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa

Selasa, 23 Maret 2021 03:13
Teori Komunikasi, Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa

BERTUAHPOS.COM – Buku karya Werner J Severin dan James W Tankard ini juga merupakan buku pegangan mahasiswa komunikasi. Membahas tentang teori komunikasi, sejarah, metode dan terapan di dalam media massa.

Tentunya, buku teori komunikasi ini mengupas perkembangan baru dalam teori komunikasi massa dan perubahan di bidang komunikasi. Semua penjelasan dilengkapi dengan ilustrasi dan contoh dari dunia nyata, mulai dari jurnalisme, broadcasting, periklanan (advertising) sampai public relation.

Advertisement

Selain mengupas tuntas seluh beluk tentang teori komunikasi, mulai dari awal perkembangannya sampai ke era cyber communication,  Werner J Severin dan James W Tankard juga memberikan penjelasan bagi pemikiran sosial ilmiah, efek media, serta pemanfaatan institusi media dan jaringan media di tingkat lokal maupun global, bisnis dan konglomerasi media, serta perkembangan terkini dalam kepemilikan media, baik cetak maupun elektronik.

Buku teori komunikasi ini, terbilang buku komprehensif. Bukan hanya ditujukan untuk semua pihak yang meminati, mendalami, atau mencari karier di bidang media massa – seperti jurnalisme, advertising, public relation, radio, televisi, film, publikasi elektronik, media internet, tetapi juga (buku) wajib untuk mahasiswa yang baru mengenal dan ingin memahami teori, landasan dan metodologi riset komunikasi massa.

Baca: 17 Kalimat Menginspirasi dari Orang – Orang Sukses

Ilmu Komunikasi

Dari laman wikipedia, pengertian mengenai ilmu komunikasi, pada dasarnya mempunyai ciri yang sama dengan pengertian ilmu secara umum, perbedaannya ialah pada objek kajiannya. Ilmu komunikasi berfokus pada peristiwa-peristiwa komunikasi antar manusia.

Mengenai hal itu Berger & Chafee (1987) menyatakan bahwa Ilmu komunikasi adalah suatu pengamatan terhadap produksi, proses, dan pengaruh dari sistem-sistem tanda dan lambang melalui pengembangan teori-teori yang dapat diuji dan digeneralisasikan dengan tujuan menjelaskan fenomena yang berkaitan dengan produksi, proses, dan pengaruh dari sistem-sistem tanda dan lambang.

Istilah komunikasi atau dalam bahasa Inggris communication berasal dari kata latin communicatio, dan bersumber dari kata communis yang berarti sama, sama di sini adalah sama makna. Definisi yang dikumpulkan oleh Dance (1970), akhirnya Stappers berhasil membuat enam kategori dari multi makna definisi komunikasi.(bpc1)

Berita Terkini

Kamis, 22 April 2021 20:24

AP II Pastikan Belum Ada Lonjakan Penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru

Posko gabungan akan dibentuk untuk pantau lonjakan penumpang di SSK II.

Kamis, 22 April 2021 20:00

Bea Cukai Riau Harap Video Penyerangan Mempermudah Polisi Tangkap Pelaku

DJBC harap pelaku penyerangan ditangkap.

Kamis, 22 April 2021 19:45

Ini Daerah yang Diberi Izin Mudik Lokal Oleh Kemenhub, Riau Nggak Ada

Kontroversi Mudik Lokal

Kamis, 22 April 2021 16:16

Pemprov Riau Perlu Simak Penjelasan Sri Mulyani: APBD Jangan Disimpan di Bank Saja!

Pusat desak daerah agar gesa realisasi anggaran

Kamis, 22 April 2021 15:46

Yang Minat, Pendaftaran 3 Calon Direksi BRK Sudah Dibuka

Proses Pengisian Kekosongan Jabatan BRK di Gesa

Kamis, 22 April 2021 15:01

Jadwal Berbuka Puasa Hari Ke-10 untuk Wilayah Pekanbaru Versi Muhammadiyah

Berbuka puasa Pekanbaru

Kamis, 22 April 2021 14:29

Kata Satgas, Pengetatan Mudik Dilakukan Mulai Hari Ini

Arus Mudik Lebaran

Kamis, 22 April 2021 13:58

Kapolsek Hulu Kuantan Berbagi di Bulan Berkah

Agenda Ramadhan

Kamis, 22 April 2021 13:33

Kemdikbud: Kamus Sejarah Indonesia Jilid I Disusun Sebelum Menteri Nadiem

Kamus Sejarah Indonesia