Catatan Sejarah 20 November: Inggris Kuasai Kota Surabaya Setelah 10 Hari Pertempuran

Jumat, 20 November 2020 05:00
Catatan Sejarah 20 November: Inggris Kuasai Kota Surabaya Setelah 10 Hari Pertempuran

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Tanggal 20 November 1945, setelah 10 hari pertempuran, Inggris akhirnya mampu menguasai Kota Surabaya.

Pihak Inggris yang mempunyai 30.000 pasukan berhasil sedikit demi sedikit menguasai kota Surabaya. Tak hanya pasukan darat dengan tank dan artilerinya, pasukan Inggris juga dibantu serangan udara dan meriam kapal perang.

Advertisement

Pasukan republik di Surabaya bukan menyerah begitu saja. Setiap sudut dipertahankan mati-matian. Pertempuran paling sengit terjadi di pusat kota.

Pasukan republik, walau belum terlatih, sebenarnya juga mempunyai senjata api. Setidaknya ada 37 ribu senjata api dan pelurunya dirampas dari Jepang, dan dibagikan kepada pejuang.

Baca: Imam Al Ghazali: Hanya Allah Menjadi Penolong

Meski demikian, kemenangan perang Surabaya tetap ada pada pihak Inggris. Disebutkan bahwa hanya 1 persen saja korban meninggal dari pasukan Inggris, jika dibandingkan pasukan republik. Surabaya juga harus jatuh ke tangan Inggris.

Kemenangan pasukan Indonesia terletak di semangat perjuangan. Moril pasukan juga naik karena berhasil menewaskan dua jenderal Inggris, Mallaby dan Loder Symonds. (bpc4)