Catatan Sejarah 19 April: Kelahiran Adolf Hitler, Sang Pemimpin Nazi

Selasa, 20 April 2021 05:00
Catatan Sejarah 19 April: Kelahiran Adolf Hitler, Sang Pemimpin Nazi
Adolf Hitler. (Foto: net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Adolf Hitler lahir pada 20 April 1889. Ayahnya bernama Alois Hitler, dan ibunya bernama Klara Pölz.

Michael Kerrigan dalam bukunya berjudul ‘Hitler, Sosok Pria di Balik Monster‘ (hal. 24-25) menuliskan kemungkinan pernikahan antara Alois dan Klara adalah pernikahan sedarah (incest).

Advertisement

Kakek Klara, Johann Nepomuk Hiedler adalah paman, yang juga dalam beberapa catatan disebutkan sebagai ayah biologis Alois. Artinya, hubungan Alois dan Klara adalah paman dan keponakan.

Masa kecil dan remaja Adolf Hitler tidaklah menyenangkan. Pada tahun 1903, ayahnya mati mendadak. Disusul kematian ibunya pada tahun 1907.

Baca: Sejarah Tanah Jantan, Kepulauan Meranti

Sejak kematian orang tuanya, Hitler pindah ke Vienna dan bertahan hidup dengan melukis dan buruh kasar.

BACA JUGA:  Sebabkan Kematian Jutaan, Hitler Jadi Jahat Karena Terlahir dari Perkawinan Sedarah?

Tahun 1913, Hitler pindah ke Munich, dan perang dunia I tengah berkecamuk. Dia kemudian bergabung dengan militer Jerman pada 1914.

Usai perang, Hitler tetap bertugas di militer Jerman, hingga pada tahun 1919 dia bergabung dengan Partai Buruh Jerman (DAP) dan mengubahnya menjadi Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei(NSDAP), atau yang lebih dikenal sebagai Nazi.

Popularitas Hitler dan Nazi terus merangkak naik, hingga pada 2 Agustus 1934, dia menjadi pemimpin Jerman, dan bergelar Fuhrer.

Maka, dimulailah kebijakan yang menyebabkan setidaknya kematian bagi 11 juta orang. (bpc4)