Wanita Ternyata Lebih “Hot” dalam Berinvestasi

Selasa, 11 Maret 2014 07:12

BERTUAHPOS.COM, JAKARTA – Ketika membuat keputusan untuk memulai berinvestasi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Misalnya tujuan berinvestasi, jangka waktu investasi, dan risiko menjadi pertimbangan penting.  


Namun, tahukah bahwa jenis kelamin juga memainkan peran penting dalam memilih investasi? Wanita cenderung melakukan penelitian terlebih dahulu tentang investasi yang akan dipilihnya, selain itu perempuan juga cenderung tidak terburu-buru dalam melakukan investasi. Hal ini memiliki efek positif dan negatif dalam portofolio.
 
Seperti dilansir dari usatoday.com, Selasa (11/3/2014), ada tiga hal yang perlu diketahui untuk membedakan cara pria dan wanita dalam mengambil keputusan saat melakukan investasi.
 
Seperti dijelaskan Director and Investment Strategist BlackRock Nelli Oster, pertama, wanita cenderung fokus pada investasi jangka panjang. Alih-alih hanya melihat uang sebagai sarana untuk membeli sesuatu, para wanita menganggap uang untuk mewakili kemerdekaan dan keamanan.
 
Kedua, sebuah studi Prudential menunjukkan bahwa 44 persen wanita melakukan penelitian atau bahkan memiliki penasehat profesional untuk investasi. Sedangkan pria cenderung membuat keputusan sendiri dalam investasi.
 
Akhirnya, wanita cenderung lebih mendalami dan mengambil lebih banyak waktu untuk membuat keputusan daripada pria.
 
“Beberapa studi, termasuk survei nasional oleh LPL Financial menunjukkan bahwa wanita cenderung untuk melakukan penelitian secara mendalam sebelum membuat keputusan portofolio,” jelasnya.
 
“Wanita juga cenderung lebih sabar karena mereka harus berkonsultasi dengan penasihat mereka sebelum mengatur posisi portofolio mereka, sedangkan laki-laki lebih rentan terhadap impuls market timing,” tambahnya.
 
Membuat keputusan investasi dengan sabar ternyata lebih bijaksana dan memiliki manfaat.(okz)