UAS Tanya Soal Konversi Bank Riau Kepri ke Syariah, Ini Komentar AA Gym

Sabtu, 22 Februari 2020 19:24

BERTUAHPOS.COM – Rencana Bank Riau Kepri untuk konversi dari bank konvensional ke bank syariah disambut baik oleh berbagai kalangan. Termasuklah para ulama kondang di Tanah Air seperti AA Gym dan Ustaz Abdul Somad (UAS).

Dalam sebuah video yang tersebar di Whats App, kedua ustaz kondang tersebut memberikan pandangannya terkait rencana konvesri Bank Riau Kepri dari konvensional ke Syariah.

“Saya sangat bahagia dan sangat bersyukur mendengar Bank Riau Kepri akan dikonversikan menjadi bank syariah. Memang seharusnya begitu, karena akan jauh lebih menentramkan dan jauh membawa keberkahan,” katanya.

Menurut AA Gym, rencana ini sepatutnya mendapat dukungan penuh dari masyarakat karena memang Riau mayoritas penduduknya adalah muslim. Selain itu, masyarakat non muslim juga bisa memanfaatkan masilitas ini sebaik mungkin, karena dianggap akan benar-benar membawa keberkahan.

Baca: Setelah Ditandatangani, Single Salary Jalan di Maret Ini

Dalam video yang berdurasi sekitar 1 menit itu juga memperlihatkan perbincangan hangat antara UAS dan AA Gym tatkala mereka menanggapi soal rencana konversi Bank Riau Kepri dari konvensional ke syariah.

UAS berkata, Bank Riau Kepri konvensional, seandainya ada orang yang punya kekuasaan dan sering mengaji, kemudian dengan kekuasaannya mengupayakan Bank Riau Kepri menjadi bank Syariah, “Itu ada manfaat atau tidak ada manfaat di dalamnya?” tanya UAS ke AA Gym.

“Saya kira setiap transaksi kebagian pahalanya itu (pemimpin),” jawab AA Gym. “Kepala daerah yang membuat keputusan seperti itu dapat pahala. Karena untungnya jadi pemimpin itu kalau beliau menentukan kebaikan beliau akan dapat pahala mengalir,” sambungnya.

Sekedar informasi, Pemprov Riau dan pemegang saham Bank Riau Kepri menyepakati bahwa Bank Riau Kepri akan dikonversikan menjadi BPD Syariah. Langkah ini mengikuti BPB Aceh dan NTB yang lebih dulu ditetapkan sebagai BPB Syariah.

Gubernur Riau, Syamsuar dalam banyak kesempatan mengatakan bahwa konversi masih dalam proses namun diharapkan segera terealisasi. Setelah Bank Riau Kepri nantinya berhasil dikonversikan menjadi bank syariah, maka ini adalah BPD ke 3 di Indonesia yang menerapkan berbankan berbasis syariah. (bpc3)