Riau Berharap DBH Triwulan IV/2019 Dicairkan Pusat untuk Jaga Kas Daerah di Tengah COVID-19

Kamis, 28 Mei 2020 14:58
Riau Berharap DBH Triwulan IV/2019 Dicairkan Pusat untuk Jaga Kas Daerah di Tengah COVID-19
Sekertaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Riau Syahrial Abdi. (Foto : Melba / Bertuahpos)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemprov Riau berharap Dana Bagi Hasil (DBH) triwulan IV/2019 segera dicairkan. Dana tersebut dianggap sangat bermanfaat untuk menjaga cash flow Riau di tengah pandemi COVID-19.

Asisten III Setdaprov Riau, Syahrial Abdi mengatakan tunda salur DBH untuk Triwulan IV/2018 sudah diterima dari pusat, hanya saja, Pemprov Riau masih menunggu penyaluran TBH untuk triwulan IV/2019.

“Jumlahnya untuk TW IV/2019 itu di bawah Rp500 M-lah. Tapi mungkin dibayarkan bertahap sekitar 30%-nya,” katanya, Kamis, 28 Mei 2020.

Dia menambahkan, informasi terakhir terhadap upaya pelunasan DBH jatah Riau ini masih menunggu Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang kini tengah dipersiapkan.

Baca: HARGA KARET: Cetak Harga Terendah 6 Bulan Terakhir

“Beberapa waktu lalu kami sudah refocusing, ini juga salah satu upaya agar bendara bisa menjaga kas bagaimana bisa dimanfaatkan tapi kondisi keuangan tetap aman, misalnya seperti bayar gaji bayar TPP dan lain-lain. Nah, kalau sekarang sudah masuk pada fase penanganan COVID-19, dan kondisi kas juga harus diatur,” jelasnya.

Untuk sementara ini, dijelaskan Syahrial Abdi, bahwa Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau masih menjamin cast flow masih terjaga. Penyesuaian anggaran nantinya juga akan dilakukan pada APBD Perubahan dan diharapkan anggaran pemprov masih terjaga. (bpc3)