Pemegang Saham BMW Jadi Keluarga Terkaya di Jerman dengan Harta Rp 478 T

Rabu, 08 Oktober 2014 08:21
Pemegang Saham BMW Jadi Keluarga Terkaya di Jerman dengan Harta Rp 478 T

Frankfurt -Keluarga Quandt, pemegang saham produsen mobil BMW, dinobatkan sebagai keluarga terkaya di Jerman. Keluarga ini punya total harta 31 miliar euro (Rp 478,3 triliun).

Nilai harta tersebut merupakan milik Johanna Quandt, janda mendiang pengusaha Herbert Quandt, bersama dua anaknya, Stefan Quandt and Susanne Klatten.

Keluarga tersebut merebut posisi bergengsi itu dari pendiri jaringan supermarket terbesar Jerman, Aldi dan Lidl, seperti diberitakan majalah mingguan Manager Magazin, seperti dikutip AFP, Rabu (8/10/2014).

Supermarket Aldi terbagi menjadi dua entitas, Aldi Nord dan Aldi Sued. Pemilik Aldi Sued adalah keluarga Albrecht dan Heister dengan total harta mencapai 18,3 miliar euro. Sementara Aldi Nord dimiliki keturunan Theo Albrecht dengan harta US$ 16,5 miliar euro.

Baca: 7 Perusahaan Jasa Keuangan Ilegal Akan Dipanggil Satgas Waspada Investasi

Salah satu pendiri jaringan supermarket itu, Karl Albrecht, meninggal di usia 94 tahun Juli lalu, selang empat tahun setelah kematian kakaknya, Theo.

Keluarga Quandts saat ini pegang 46,7% saham di BMW. Selain itu, keluarga kaya ini juga pegang saham di beberapa perusahaan Jerman lainnya, seperti spesialisasi karbon dan granit SGL Carbon serta produsen bahan kimia Altana.

Sementara untuk posisi ketiga keluarga kaya di Jerman dipegang oleh Maria-Elisabeth Schaeffler dan anaknya Georg. Mereka adalah pemilik Grup Schaeffler, produsen bearings sekaligus pemilik saham di spesialis suku cadang otomotif Continental. Hartanya tercatat 17,6 miliar euro.

Sedangkan di posisi keempat dan kelima ada Dieter Schwarz, pemilik jaringan supermarket Lidl dengan kekayaan 14,5 miliar euro dan keluarga Herz dengan jaringan toko Tchibo berharta 11 miliar euro.

Orang kaya yang hartanya bertambah paling banyak tahun ini adalah pendiri perusahaan inkubator Rocket Internet, Samwer bersaudara, yang hartanya melonjak empat kali lipat menjadi 3,5 miliar euro hanya dalam setahun.

Total harta 100 orang kaya di Jerman tahun ini naik 18,8% menjadi 399,8 miliar euro berkat naiknya pasar saham, peningkatan laba perusahaan, dan lonjakan harga properti.(ang/ang/Detik)