Pekanbaru Alami Inflasi 0,80 Persen Di Bulan Agustus

Selasa, 03 September 2013 09:35
BERTUAHPOS, PEKANBARU – Pada bulan Agustus 2013 lalu, Pekanbaru mengalami inflasi sebesar 0,80 persen. Inflasi tersebut dipengaruhi oleh kenaikan harga barang dan kenaikan ongkos angkutan kota dalam provinsi (AKDP). Masing-masingnya menyumbang inflasi hingga 0,14 persen.
 
Hal itu disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Riau, Mawardi Arsyad Senin (2/9/13). Menurutnya, bukan harga bawang dan ongkos AKDP saja yang mempengaruhi inflasi di Pekanbaru, beberapa indikator lainnya juga ikut memberikan sumbangsihnya terhadap inflasi di Pekanbaru.
 
“Beberapa indikator penyumbang inflasi di Pekanbaru adalah tarief listrik dan emas erhiasan masing-masing sebesar 0.11 persen, daging ayam ras dan pepaya masing-masing sebesar 0,04 persen, rokok kretek filter dan tarief bioskop masing-masing menyumbang inflasi sebesar 0,03 persen dan beberapa komoditas lainnya di bawah 0,03 persen,” terang Mawardi Arsyad.
 
Selain itu, inflasi di Pekanbaru juga dipengatuhi oleh beberapa kelompok pengeluaran seperti di kelompok sandang sebesar 1,60 persen, kelompok transport sebesar 1,30 persen dan bahan makanan sebesar 1,17 persen.
 
(riauterkini.com)