KPU Distribusikan Kelengkapan Pilgubri

Selasa, 03 September 2013 09:40
BERTUAHPOS, PEKANBARU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau terus melakukan persiapan untuk pelaksanaan Pilgubri yang tinggal dua hari lagi. Diantaranya telah melakukan pendistribusi seluruh logistik dan alat kelengkapan Pilgubri.
 
Ketua KPU Riau Ir H Tengku Edy Sabli di Pekanbaru mengatakan, pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap pendistribusi logistik dan alat kelengkapan Pilgubri tersebut. Jika ada kekurangan akan langsung ditangani untuk dilengkapi.
 
Untuk itu KPU kabupaten/kota diminta melaporkan kekurangan yang terjadi. “Jika memang masih ada kekurangan kami akan segera melengkapinya menjelang pelaksanaan Pilgubri diadakan,” ungkapnya.
 
Dikatakannya, sesuai tahapan penghitungan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgubri yang dilakukan oleh KPU Riau, sudah ada data terkait banyaknya pemilih di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Riau.
 
Mengenai pemilih bisa menggunakan KTP itu, Edy mengatakan sesuai aturan harus sudah enam bulan berdomisili di Riau. “Pemilih Pakai KTP itu akan dilayani, tapi tidak semua KTP akan dilayani karena yang bisa dilayani itu hanya KTP yang berdomisili di Riau terhitung sebelum 27 Desember 2012,” ungkapnya.
 
Diterangkan Edy, masyarakat yang pindah ke Riau dari provinsi lain sejak Januari 2013 tidak bisa menggunakan KTP-nya untuk memilih.
 
“Jadi DPS itu ditetapkan pada 27 Juni 2013, jadi 6 bulan sebelum itu adalah 27 Desember 2012. Kalau setelah itu berarti belum enam bulan berdomisili di Riau, jadi KPPS juga akan melihat pemilih yang menggunakan KTP itu,” kata Edy.
 
sumber: riau.go.id