Pemrov Bangun Puskesmas Rawat Inap di Desa Terisolir

Selasa, 03 September 2013 09:46
Pemrov Bangun Puskesmas Rawat Inap di Desa Terisolir
JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha KORBAN JEMBATAN AMBROL–Dua dari enam warga korban selamat jembatan ambrol di Dukuh Pelang Desa Seloromo, Jenawi, menjalani perawatan di Puskesmas Jenawi, Karanganyar, Kamis (22/7). Kejadian ambrolnya jembatan tersebut menewaskan 1 orang warga dan 6 orang mengalami luka-luka akibat tertimpa runtuhan saat bekerja bakti membangun jembatan.
BERTUAHPOS.COM, SELATPANJANG – Pemerintah Provinsi Riau melalui APBD Tahun 2013 ini membangun sejumlah Puskesmas Rawat Inap di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti. Salah satu Puskesmas itu akan dibangun di Desa Bangun Sari Kecamatan Putri Puyu, yang masih terisolir akses jalan darat.
“Kondisi keterisoliran wilayah itu dilihat oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau, sehingga pada tahun 2013 ini pihak Provinsi akan mewujudkan pembangunan Puskesmas Rawat Inap. Dimana biaya pembangunan sepenuhnya dianggarkan melalui APBD Provinsi Riau,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti, dr. Irwan Suwandi.
Dikatakannya, Kecamatan Putri Puyu adalah salah satu Kecamatan yang masih jauh tertinggal pembangunannya di Kabupaten Kepulauan Meranti. Transportasi umum yang ada masih hanya menggunakan transportasi laut. Hubungan antar desa dengan desa lainnya maupun dengan Ibukota Kecamatan, apalagi menuju Ibukota Kabupaten masih relatif sulit.
“Sehingga banyak kendala yang dihadapi masyarakat dari Kecamatan yang terjauh dari Ibukota Kabupaten itu. Dari berbagai keperluan dan kebutuhan terutama jika ada warga yang butuh pertolongan medis,” ujarnya.
dr Irwan menjelaskan, pihaknya akan menerima bantuan pembangunan Puskesmas tersebut setelah selesai dibangun oleh rekanan Pemerintah Provinsi. Keberadaan Puskesmas Rawat Inap di Kecamatan itu akan sangat membantu pelayanan kesehatan bagi masyarakat setempat.
“Sebagaimana kita ketahui, selama ini sudah dibentuk Puskesmas yang ada di Bandul. Namun keberadaannya hanya sebatas memberikan pelayanan kesehatan atau pemberian obat bagi pasien yang datang.
Sehingga jika ada pasien yang akan mendapat perawatan intensif atau yang akan mendapat tindakan operasi maka pasien harus dirujuk ke Puskesmas yang ada rawat inapnya, atau langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah di Selatpanjang,” ucapnya.
Menurutnya, kehadiran Puskesmas Rawat Inap di Kecamatan itu nantinya akan memberikan peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Setidaknya untuk perawatan penyakit ringan atau untuk kegiatan persalinan normal nantinya sudah bisa dilakukan di Puskesmas tersebut.
sumber: riau.go.id

Berita Terkini

Selasa, 27 Oktober 2020 08:10

Jangan Sepelekan Percikan Kencing

#ISLAMPEDIA

Selasa, 27 Oktober 2020 06:32

Saat Cuti Bersama, Riau Perketat Izin Pegawai Keluar Daerah

#cutibersama #liburpanjang #asnriau

Selasa, 27 Oktober 2020 05:32

Tugas Tim Kesehatan di Posko Cek Poin, Faskes Terdekat Tetap Dikoordinasikan

posko cek poin, kesehatan, libur panjang, cuti bersama

Selasa, 27 Oktober 2020 04:31

Tumpang Tindih Kewenangan Pusat dan Daerah, UU Cipta Kerja Perlu Segera Disingkronisasi

#uuciptaker, #kewenangan #pusatdan daerah

Senin, 26 Oktober 2020 17:06

Pemuda Riau Desak Kejati Periksa Gubernur Riau Syamsuar

#kejati #hukum

Senin, 26 Oktober 2020 16:03

Spanyol Berlakukan Situasi Darurat Corona

#spanyol #corona