Optimis Konversi Syariah Rampung Tahun Ini

Selasa, 27 April 2021 17:01
Optimis Konversi Syariah Rampung Tahun Ini

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Bank Riau Kepri kini tengah berjibaku untuk bersiap konversi ke Syariah. Sikap optimis itu kian diperkuat dengan dukungan banyak pihak yang selama ini menaruh kepercayaan kepada bank kebanggaan masyarakat Riau dan Kepri itu.

Direktur Utama Bank Riau Kepri Andi Buchari berharap besar upaya menuju bank umum syariah berjalan dengan lancar, tanpa kendala berarti. Dia pun memastikan kinerja bank syariah ini nantinya akan tumbuh seiring dengan telah dipersiapkan program kerja dan produk andalannya.

Advertisement

Salah satu program yang diunggulkan yakni konversi, kinerja dan kultur (K3). Upaya untuk konversi saat ini tengah digesa dengan semangat dan dukungan masyarakat Riau dan Kepulauan Riau. Hal itu kemudian diperkuat dengan kualitas kerja yang terus ditingkatkan mengingat BPD ini merupakan BUMD andalan untuk PAD Riau dan Kepri. “Semakin baik kualitas kinerja, maka semakin besar kontribusi kami dalam CSR,” tuturnya.

BACA JUGA:  Ini Pandangan Pemegang Saham Soal BRK Syariah

Baca: Harga Minyak Turun Karena Persediaan AS Meningkat

Selanjutnya, untuk kultur akan diimplementasikan pada pelayanan yang akan diberikan Bank Riau Kepri kepada setiap nasabah tanpa tebang pilih. Andi Buchari menegaskan perbankan yang diampunya itu, terus berupaya untuk membangun kultur atau budaya positif seiring berjalannya proses konversi yang kini tengah berlangsung.

Dengan K3, dia meyakini Bank Riau Kepri akan menghadirkan perubahan besar setelah konversi ke syariah. Dia berharap bank ini mendapat kepercayaan penuh dari masyarakat Riau dan Kepulauan Riau.

Andi Buchari sebelumnya juga sudah melakukan kunjungan ke beberapa daerah di Riau dan Kepulauan Riau dalam rangka memperkenalkan Bank Riau Kepri Syariah. “Alhamdulillah respon masyarakat sangat positif. Baik yang muslim bahkan non muslim juga memberikan dukungan penuh kepada kita,” tuturnya.

BACA JUGA:  Kerugian BRK Akibat Perolehan, Rp 1,090 Milyar

Disisi lain, kesiapan Bank Riau Kepri untuk menjadi bank berbasis syariah semakin matang bila dilihat dari aspek kinerja. Hal itu dibuktikan dengan tumbuhnya aset dan laba perbankan dengan capaian kinerja kian memuaskan.

Beberapa capaian indikator penting perbankan ini menunjukkan pertumbuhan signifikan, misalnya dari sisi pertumbuhan aset. Pada tahun 2020, aset Bank Riau Kepri mengalami peningkatan hingga 10,80% atau Rp28,19 triliun jika dibandingkan tahun 2019 yakni Rp25,45 triliun.

OJK Beri Dukungan Penuh

Sikap optimis, bahwa konversi Bank Riau Kepri ke syariah akan rampung pada tahun ini juga datang dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kepala OJK Riau Yusri mengungkapkan, segala tahapan yang harus dilalui sejauh ini sedang berproses.

BACA JUGA:  Soal Pendapatan Direksi BRK Hingga Rp17 M, Ini Komentar Pemprov Riau

Para pemegang saham sejak awal telah menunjukkan komitmen dan keseriusannya untuk menjadikan BPD itu sebagai bank umum berbasis syariah, mengikuti jejak BPD Aceh dan NTB.

Yusri mengemukakan, dalam hal ini OJK akan terus memberikan dukungan kepada Bank Riau Kepri dan memantau proses perkembangan hingga tujuan tersebut benar-benar tercapai. “Insya Allah, kalau tahun ini tercapai (konversi syariah),” kata Yusri.*