Kebocoran Pajak Hotel, Bapenda Pekanbaru Masih Terkendala SDM

Senin, 29 Mei 2017 13:52

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru terus menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak. Hanya saja saat ini Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pekanbaru kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Seperti yang disampaikan Kepala Bapenda Pekanbaru, Azharisman Rozie, Senin (29/05/2017). “Kita masih terkendala SDM. Makanya kita periksa secara acak,” katanya.

Hal itu mengingat jumlah hotel berbintang jumlahnya ada puluhan. Belum lagi ditambah dengan wisma serta kos-kosan.

Rozie membeberkan memang ada kebocoran pajak hotel. “Kalau ditanya apakah ada kebocoran, jawabannya ada. Tetapi kebocoran itu bukan diambil anak buah saya tetapi, contohnya hotel setelah kami hitung harusnya lebih Rp 60 miliar. Tetapi pada Tahun 2015 hanya Rp 18 miliar, 2016 semasa saya genjot hampir Rp 30 miliar,” katanya.

Baca: Realisasi APBD Riau Baru Rp 1,5 Triliun

Baca: Ramadan, Perolehan Pajak Hotel dan Restoran Pekanbaru Diprediksi Turun

Rozie sampaikan pendapatan yang tidak sesuai dengan potensi, disebabkan ada hotel yang tidak melaporkan okupansi sebenarnya. “Ada hotel tidak melaporkan sebenarnya. Kita periksa terus menerus. Hampir rata-rata kurang bayar Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar,” sebutnya.

Dengan adanya pemeriksaan yang dilakukan pihaknya, Rozie berharap dapat genjot pendapatan. “Dengan ada pemeriksaan seperti itu wajib pajak patuh membayar. Bukan kita tidak percaya. Ini untuk menumbuhkan gairah para wajib pajak,” katanya.

Hanya saja untuk ramadan pihaknya memperkirakan memang pendapatan pajak hotel berkurang. Sesuai dengan okupansi atau tingkat hunian yang ikut turun. (bpc2)