Halim Jadi Bandara Komersil, Sekolah Penerbangan Kena ‘Gusur’ .

Kamis, 05 Desember 2013 18:27

BERTUAHPOS.COM,Jakarta -PT Angkasa Pura II berencana memindahkan markas sekolah penerbangan atau pilot sipil (flying school) dari Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur.

Rencana ini dilakukan seiring dengan perpindahan beberapa penerbangan komersial dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Halim. Termasuk mengatasi kepadatan apron atau parkir pesawat.

Advertisement

Hal ini disampaikan General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Halim Iwan Khrishadianto kepada wartawan di Bandara Halim Jakarta, Kamis (5/12/2013).

“AP II usulkan ke Dirjen Perhubungan Udara flying school di Halim dipindahkan. Nggak melaksanakan kegiatan di Halim. Home base di Halim saat ini ada 7 flying school,” kata Iwan.

Baca: Rupiah Jeblok, Nyaris Sentuh Rp 10.000/US$

Dari pantauan detikFinance, terlihat puluhan pesawat latih tipe ringan terparkir dan memenuhi apron Bandara Halim. Terlihat pula belasan pesawat charter berjejer rapi.

Namun Iwan tak berinci dimana lokasi pemindahan sekolah pilot dan pesawatnya dari Bandara Halim bakal dilakukan. “Terakhir rapat. Belum bisa putuskan akan pemindahlkan flying school ke mana,” sebutnya.

Untuk pesawat charter dan pesawat pribadi menurutnya tidak terlalu menganggu rencana pengoperasian Bandara Halim secara komersial. “Pesawat charter, saya parkir di remote,” jelasnya.

Ketika beroperasi pada 10 Januari 2014, per jamnya fasilitas apron mampu diisi hingga 13 pesawat tipe Boeing 737-900 ER. “Apron kemampuan 13 pesawat 737-900 ER per jamnya,” katanya.
(feb/dru.detik.com)