Galau Kerja Kantoran Sambil Berbisnis, Apa Harus Resign?

Selasa, 17 Juni 2014 13:21

BERTUAHPOS.COM, JAKARTA  -Saya karyawan yang bekerja sebagai Support System di salah satu perusahaan Tour & Travel yang berbasis Online. Saya juga membuka usaha yang sama di rumah dengan pekerjaan yang saya kerjakan sehari-hari.

Sudah berjalan sekitar 3 Bulan Bisnis Tour & Travel ini saya jalani. Namun banyak sekali momentum-momentum penting yang saya lewatkan karena susah sekali untuk izin/keluar kantor pada saat jam kerja. Seperti misalkan ada klien yang ingin segera bertemu untuk menanyakan soal produk saya, jadwal tender yang berbarengan dengan jam kantor, dan sebagainya.

Yang ingin saya tanyakan, menurut bapak dengan kondisi saat ini apakah saya harus resign dari Pekerjaan saya dan fokus dengan bisnis saya, atau tetap saya jalani 2 pekerjaan ini?

Terima kasih.

Baca: Pemko Pekanbaru Targetkan Investasi Sebesar Rp 2 Triliun

Adit

Memang sulit menjalankan bisnis sendiri sambil bekerja di tempat lain. Menjalankan bisnis memerlukan fokus dan waktu Anda secara penuh.

Jika Anda masih bekerja untuk perusahaan lain maka fokus dan waktu Anda khususnya di jam kantor harus dicurahkan untuk perusahaan tempat Anda bekerja.

Tidaklah baik jika memakai waktu bekerja dan semua sumber daya perusahaan tempat Anda bekerja untuk bisnis pribadi Anda, terlebih lagi bidang bisnis yang Anda jalani sama dengan bisnis perusahaan Anda bekerja.

Saran saya sebelum Anda menjalankan bisnis Anda secara penuh, siapkan perencanaan bisnis Anda dengan baik. Saya yakin dengan pengalaman Anda bekerja pada bisnis yang sejenis maka perjalanan bisnis Anda pun akan lebih berjalan sesuai harapan Anda.

Saya yakin jika Anda menjalankan bisnis Anda dengan penuh waktu dan fokus maka bisnis yang Anda bangun akan berkembang dengan baik, tentu dengan persiapan yang matang.

Dengan Anda berbisnis tanpa lagi bekerja dengan perusahaan lain, maka Anda pun akan bisa melayani pelanggan dengan lebih memuaskan dan Anda dapat menghindari konflik kepentingan dengan perusahaan tempat Anda bekerja.

Anda pun dapat menjadi mitra/partner dengan bekas perusahaan Anda tersebut. Dan mereka pasti akan mendukung langkah Anda karena akan terjalin kerjasama yang baik dan saling menguntungkan. Selain perusahaan tempat Anda bekerja, juga stakeholder (pemangku kepentingan) lainnya akan mendukung Anda, seperti : supplier/vendor, pelanggan, keluarga dan lainnya.

Jika Anda sudah menjadi pebisnis yang mandiri, agar tidak ada kata menyesal dikemudian hari maka jalani bisnis Anda dengan benar-benar berjuang membangunnya secara berkelanjutan. Belajar dan terus belajar dari berbagai sumber. Temuilah para pebisnis lainnya dan bergabung dalam grup/forumnya agar Anda mempunyai lingkungan yang saling mendukung.

Perluaslah jaringan pertemanan anda untuk menambah jejaring bisnis Anda. Dan jaga kepercayaan semua sumber daya Anda agar banyak yang ingin menggunakan jasa dan produk bisnis Anda.

Selamat jika anda memutuskan untuk resign dengan tujuan membangun bisnis Anda yang mandiri. Dan Anda akan menjadi pengusaha yang akan membuka banyak lapangan pekerjaan buat orang lain dan Anda akan menjadi pelayan yang baik untuk pelanggan dan lingkungan sekitar Anda. Selamat!(detikfinance)