BI Sebut Operasional Perbankan Tetap Jalan Jika Riau PSBB, Distribusi Uang Dijamin Steril

Kamis, 09 April 2020 14:11

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Bank Indonesia (BI) Riau telah mempersiapkan segala kemungkinan dengan merujuk pada ketentuan berlaku, saat Pemprov Riau benar-benar memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk pencegahan penyebaran COVID-19.

Kepala BI Riau, Decymus mengungkapkan, dalam ketentuan berlaku, PSBB biasanya hanya membatasi pada kegiatan-kegiatan tertentu, sedangkan kegiatan perbankan masuk dalam kategori kegiatan yang dikecualikan dalam PSBB.

“Jadi kalau perbankan itu posisinya sama dengan PLN, rumah sakit, Bulog. Perbankan adalah salah satu kegiatan yang sifatnya berhubungan dengan hajat hidup orang banyak, jadi mendapat pengecualian,” ungkap Decymus, Kamis 09 April 2020.

Dia menambahkan, dengan merujuk pada ketentuan demikian, BI dan perbankan di Riau akan tetap melakukan kegiatan operasional seperti biasanya. Namun akan disesuaikan dengan Protokol COVID-19 sebagaimana ketetapan pemerintah.

Baca: Lima Tahun Terakhir, Perekonomian Riau Melambat

Adapun bentuk penyesuaiannya, kata Decymus, Pertama, BI Riau sudah mempersiapkan rupiah sebanyak Rp6 triliun lebih. Jumlah ini diyakini lebih dari cukup untuk mengakomodir seluruh kebutuhan uang di daerah, sampai Hari Raya Idul Fitri nanti.

Rupiah itu, disebutnya, akan didistribusikan kepada perbankan dan dipastikan bahwa, perbankan akan melakukan pendistribusian hingga ke kantor-kantor cabang mereka.

Kedua, kondisi uang yang akan didistribusikan ke perbankan dipastikan sudah higienis. Jaminan ini diberikan agar masyarakat tidak khawatir di tengah wabah corona, saat menerima pecahan rupiah dari bank.

“Setiap hari teman-teman perbankan melakukan kegiatan setor-tarik uang di BI. Cara kami membuat uang tetap higienis setiap kali perbankan akan melakukan penarikan maka dipastikan uang yang akan mereka terima dijamin telah melalui tahapan karantina selama 14 hari. Atau bahkan kami akan salurkan uang yang masih baru, supaya aman,” kata Decymus. (bpc3)