Begini Cara Mudah Mengelola Uang Bulanan Ala Anak Kos

Minggu, 27 September 2020 13:22
Begini Cara Mudah Mengelola Uang Bulanan Ala Anak Kos
Ilustrasi, Net

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Bagi anak kos, kemampuan mengatur uang bulanan memang harus dimiliki untuk bertahan di tanah perantauan. Sebenarnya, saat menjadi anak kos, merupakan momentum yang tepat untuk belajar mengatur keuangan pribadi.

Apalagi jika belum punya penghasilan sendiri dan masih mengandalkan kiriman uang dari orang tua. Walaupun uang bulannya yang diterima banyak, jika tak pandai mengatur keuangan, maka seberapapun yang diberi tetap tidak akan cukup untuk bulanan.

Advertisement

Mungkin wajar jika pemborosan terjadi di bulan-bulan pertama karena kita masih menyesuaikan biaya hidup di tanah perantauan. Akan tetapi, jika hal ini terus terjadi di setiap bulannya maka kamu akan mengalami kesulitan uang setiap akhir bulan. 

Nah, berikut ini cara mengelola uang bulanan ala anak kos, agar kamu tidak kebingungan setiap bulannya.

Baca: IHSG Senin Diprediksi Belum Menguat

Buat Rancangan Anggaran Keuangan

Setiap mendapat kiriman uang dari orang tua segeralah membuat rancangan anggaran selama sebulan. Catat pengeluaran rutin, seperti biaya sewa kos, makan, transportasi, kuota internet, serta biaya untuk perlengkapan kuliah atau sekolah. Sesuaikan anggaran dengan budget yang dimiliki, dan utamakan kebutuhan daripada keinginan.

Lakukan Belanja Bulanan Sesuai dengan Catatan

Belanja secara menyicil atau sedikit demi sedikit mungkin memang lebih ringan, tapi tanpa disadari ada pembelanjaan tambahan yang tidak terlalu dibutuhkan. Misalnya, niat awal ingin membeli sabun, tapi karena melihat es krim kita jadi tergoda ingin membelinya. Nah, karena itulah lebih baik belanja kebutuhan sekaligus dalam satu waktu karena kita hanya akan terfokus dengan barang kebutuhan yang diperlukan saja.

Memasak dan Bawalah Bekal Makanan dna Minuman Sendiri

Memasak dan membawa bekal makan sendiri bisa menghemat pengeluaran hingga 50%, dibandingkan membeli makanan di luar. Selain hemat ini juga bisa melatih kemampuan memasak, jika jadwal  penuh hingga membuatmu tidak sempat memasak, setidaknya bawalah nasimu sendiri.

Selain itu, bawalah minum sendiri dari rumah. Hal ini juga salah satu kiat menghemat uang belanja, jika membawa minuman sendiri kita tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli minum.

Hanya Sediakan Uang Pas di Dalam Dompet

Dengan membawa uang seperlunya, otomatis kamu hanya akan membeli hal yang diperlukan saja, dan cara ini bisa membantu membatasi pengeluaran secara efektif

Jangan Laundry Cuci Pakaian Sendiri

Kunci dari cara menghemat uang ala anak kos adalah tidak malas. Sebab, selalu ada biaya yang harus dikeluarkan di balik kemalasan. Misalnya, dengan mencuci pakaian sendiri, memang banyak jasa laundry menawarkan biaya terjangkau, mulai dari Rp4.500-Rp8.000 per kilogram. Rapi, jika dihitung tentunya lebih hemat mencuci pakaian sendiri dibanding menggunakan jasa laundry.

Manfaatkan Fasilitas Umum

Bagi mahasiswa, fasilitas yang ada di kampus jangan disia-siakan. Seperti perpustakaan biasanya terbuka untuk umum, jadi bagi anak kos jika kamu ingin mengerjakan tugas bersama teman lebih baik mengerjakannya di perpustakaan dibandingkan mengerjakannya di cafe tentunya akan mengeluarkan biaya lagi.  

Nah, itulah beberapa tip menghemat uang bulanan ala anak kos. Menyandang status anak kos memang harus pandai mengelola keuangan, mungkin tips di atas bisa dicoba dan mampu membantu pengelolaan uang bulanan kamu. (mg5)

Berita Terkini

Minggu, 25 Oktober 2020 17:08

Kalah di El Clasico, Ronald Koeman Serang Wasit

#ELCLASICO

Minggu, 25 Oktober 2020 15:01

Sejarah Tanah Jantan, Kepulauan Meranti

#MERANTI

Minggu, 25 Oktober 2020 13:29

Prabowo Jumpai Menhan Turki Bahas 4 Topik Penting

#prabowo

Minggu, 25 Oktober 2020 10:01

Kaum Muslimin, Janganlah Terpedaya Harta Kekayaan

#ISLAMPEDIA

Minggu, 25 Oktober 2020 09:31

Silahkan, Nikmati Surga Telaga di Gunung Talamau Sumbar

#gunungtalamau #sumbar

Minggu, 25 Oktober 2020 09:04

Wijatmoko Kembali Pimpin Apindo Riau 5 Tahun Kedepan

#apindoriau #ketuaapindoriau

Minggu, 25 Oktober 2020 09:03

Ini Tips Hijab yang Stylish, Tapi Simpel

LIFESTYLE

Minggu, 25 Oktober 2020 07:31

Inilah Sederet Bisnis Suami Nikita Willy

#bluebird #indrapriawan #nikitawilly