8 SKPD Riau dengan Realisasi Rendah, Sekdaprov Riau: Kami Tagih Janjinya

Rabu, 21 Desember 2016 12:16

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Jajaran tertinggi di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau, akan tetap melakukan evaluasi kepada sejumlah SKPD dengan realisasi anggaran yang masih rendah.

Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi mengatakan, dari hasil komitmen dari pertemuan yang sudah dilakukan oleh Pemprov Riau, bahwa SKPD itu berjanji akan menggenjot realisasi anggarannya menjelang tutup tahun 2016.

“Masih ada sisa. Komitmennya mereka akan lakukan pencapaian maksimal untuk realisasi anggatan menjelang akhir tahun. Bagaimanapun kinerja mereka akan tetap jadi bahan evaluasi kami. Nanti kita lihat sendiri lah, mana SKPD yang betul-betul serius,” katanya kepada bertuahpos.com, Rabu (21/12/2016).

Hasil rapat evaluasi yang dilakukan beberapa waktu lalu, ada 8 SKPD di lingkungan Pemprov Riau dengan capaian realisasi yang masih rendah atau di bawah angka 60 persen. Namun dari laporan yang disampaikan SKPD tersebut, realisasi anggaran yang masih sedikit, disebabkan masih ada beberapa rekanan yang belum menyelesaikan kewajibannya dan menarik uang. “Kami menghitung sekarang per hari, adalah realisasi sekitat 1 persen yang sudah terserap,” sambungnya.

Baca: Industri farmasi nasional kerdil di hadapan negara pesaing

Dia menambahkan, Pemprov Riau secara kelembagaan tetap akan tagih janji SKPD tersebut yang menyanggupi akan melakukan realisasi maksimal sebelum tutup tahun 2016. Untuk sementara ini realisasi keuangan sudah berada di atas angka 60 persen, sementara realisasi fisik sudah mencapai di atas angka 80 persen.

Adapun 8 SKPD yang serapannya masih di bawah 60 persen pekan lalu, diantaranya, Dinas Pendidikan dan kebudayaan 58,80 persen, Dinas Pemuda dan Olahraga 56,60 persen, Dinas PPKD 54,81 persen, RSUD Petala Bumi 53,63 persen. KDH/WKDH 52,31 persen, Dinas Perkebunan 40,12, Dinas ESDM 34,56 persen, dan Dinas Cipta Karya dan Sumber daya Air 29,44 persen.

Penulis: Melba Ferry Fadly