2 Fakta Ini Menunjukkan Bahwa Kesadaran Menabung Kian Berkurang

Selasa, 04 Februari 2020 07:20
Foto: Ilustrasi

BERTUAHPOS.COM – Saat ini, kesadaran menabung makin berkurang. Padahal, hal itu punya dampak buruk bagi diri pribadi maupun negara. Ini buktinya. (Disadur dari nabungdibank.id)

Fakta pertama

Rasio Tabungan Dibanding PDB Indonesia hanya 30,78%. Jumlah ini masih kalah jauh dibanding Singapura (49%) dan Filipina (46%). Dampaknyarasio tabungan dibanding PDB yang rendah menyulitkan pembangunan. Pemerintah harus melakukan utang untuk membiayai pembangunan.

Lantas apa hal yang harus dilakukan?Idealnya rasio tabungan dibanding PDB satu negara sebesar 40% ke atas. Hal itu akan mempermudah pembangunan. Contoh Jepang pada era 1970-an yang berkembang pesat saat itu.

Baca: Indra Sjafri Tak Ingin ‘Buka’ Formasi Inti Timnas U-22

Fakta kedua

Riset IDN Research Institute dengan Alvara Research Center menyebutkan hanya 10,7% dari pendapatan yang ditabung oleh milenial. Dampaknyabanyak dari kaum milenial yang tidak punya tabungan atau hanya memiliki sedikit simpanan. Padahal ini tidak baik bagi keamanan finansial mereka.

Apa hal yang harus dilakukan? Menurut IDN Research Institute, 51,1 persen pendapatan kaum milenial habis untuk kebutuhan bulanan. Seharusnya itu bisa dihemat untuk meningkatkan tabungan. Kesadaran menabung yang rendah harus diubah dengan lebih berhemat dan menabung. Keduanya akan berguna bagi masa depanmu maupun bangsa. (bpc3)