10 Bahasa dengan Penutur Terbanyak di Dunia, Indonesia Masuk?

Minggu, 16 Agustus 2020 06:03
10 Bahasa dengan Penutur Terbanyak di Dunia, Indonesia Masuk?

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Ada banyak bahasa di dunia, yang berasal dari berbagai wilayah dan negara.

Namun, ada 10 bahasa dengan penutur terbanyak di dunia. Bahkan, ada yang dipakai oleh lebih dari miliar orang. Apa saja? Berikut daftarnya, menurut akun @internationalball.

Advertisement

1. Inggris
Bahasa Inggris menjadi bahasa dengan penutur terbanyak di dunia. Ada banyak negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, seperti Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Singapura, dan banyak lagi.

Total, bahasa Inggris diperkirakan diucapkan oleh 1,268 miliar orang.

Baca: Hanya dengan Rp100.000 Anda Sudah Jadi Bagian Pemilik Perusahaan

2. Mandarin
Mandarin dituturkan oleh penduduk Cina, dan diasporanya di seluruh dunia. Diperkirakan, Mandarin digunakan oleh 1,120 miliar orang.

3. Hindi
India memang tidak memiliki bahasa nasional, namun Hindi adalah yang paling banyak dituturkan di sana. Hindi digunakan oleh 637 juta orang.

4. Spanyol
Selain di Spanyo itu sendiri, negara-negara Amerika Latin juga menjadikan Spanyol sebagai bahasa utama mereka. Diperkirakan, Spanyol dipakai 537 juta orang.

5. Prancis
Bahasa Prancis juga banyak digunakan di dunia. Setidaknya, ada 280 juta orang yang menggunakan Prancis sebagai bahasa utama mereka.

6. Arab
Arab adalah bahasa yang digunakan di Timur Tengah. Diperkirakan, 274 orang di dunia menggunakan bahasa Arab.

7. Bengali
Bahasa Bengali juga memiliki banyak penutur di dunia. Pengguna Bengali kebanyakan berada di Banladesh dan India. Bengali diperkirakan digunakan 265 juta orang.

8. Rusia
Bahasa Rusia juga cukup populer. Digunakan di Rusia dan negara-negara bekas Uni Soviet, diperkirakan ada 258 juta pengguna bahasa Rusia.

9. Portugis
Ada banyak negara yang menggunakan bahasa Portugis. Namun, yang terbanyak adalah Brazil dan Portugal. Bahasa Portugis setidaknya digunakan 252 juta orang.

10. Indonesia
Bahasa Indonesia ada di urutan 10, dengan perkiraan dituturkan 199 juta orang.

Eits, sebelum kamu protes (dengan jumlah penduduk 260 juta, Indonesia seharusnya nomor 8), kamu harus tahu dulu. Yang dimaksudkan disini adalah bahasa yang dituturkan atau digunakan sehari-hari.

Sementara di Indonesia, berbagai suku dan daerah menggunakan bahasa mereka sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa Indonesia hanya digunakan saat-saat tertentu saja.

(bpc4)