XL akan Akuisisi Axis

Kamis, 06 Februari 2014 09:27

BERTUAHPOS.COM, Jakarta – PT XL Axiata mendapatkan restu dari pemegang saham untuk mengakuisisi PT Axis Telekom Indonesia.

Presiden Direktur PT XL Axiata Hasnul Suhaimi mengatakan keputusan tersebut dihasilkan dari rapat umum pemegang saham yang digelar di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (5/2/2014).

Rapat ini dihadiri oleh 92 persen pemegang saham. Dari jumlah tersebut sekitar 97 persen mendukung aksi korporasi yang hampir mencapai tahap final tersebut.

“Kami juga sudah mendapat restu dari Otoritas Jasa Keuangan pada Selasa (4/2/2014) lalu,” ujarnya.

Baca: Besok Asperindo Riau Lakukan Aksi Simpatik Protes Kenaikan Tarif Muatan Udara

Dengan persetujuan ini, XL tinggal selangkah lagi resmi meminang Axis. Operator ini tinggal menunggu keputusan dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha yang ditargetkan akan keluar pada akhir Maret 2014.

Kendati demikian, merger ini bisa saja terganjal oleh sentiment negatif yang ditunjukkan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat beberapa waktu lalu.

Menyikapi hal ini, Hasnul menegaskan pihaknya akan menaati keputusan DPR.

Direktur Keuangan XL Axitata Mohammerd Adlan bin Ahmad Tajudin mengatakan dana akuisisi sebesar US$865 juta akan disuplai dari pinjaman pemegang saham sebesar US$500, sedangkan US$365 sisanya akan dicari dari pinjaman fasilitas finansial.

Sebelumnya, XL sudah mendapatkan dana segar senilai US$300 juta dari Development Bank Singapore dengan tenor 3 tahun.

“Pinjaman itu sebagian digunakan untuk belanja modal dan kebutuhan akuisisi,” katanya. (Bisnis.com)